Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendukung tiga anggota Universitas Indonesia (UI) Trail Runners mengikuti kejuaraan Ultra-Trail du Mont-Blanc (UTMB) 2024 di Perancis.

"Kita sambut baik lah ini, jadi kita akan dukung. Nanti dikoordinasikan saja," kata Menpora Dito dikutip dari keterangan resmi Kemenpora, Rabu.

Ketua Umum UI Trail Runners, Donny Gahral menyampaikan, ajang lari trail bergengsi tingkat dunia tersebut berlangsung pada Agustus 2024 mendatang. Adapun tiga pelari alumni UI yang akan ikut serta dalam UTMB adalah Septiana Nia, Fikri dan Rilin.

"Ultra-Trail du Mont-Blanc merupakan satu event yang bisa dikatakan olimpiadenya pelari trail dunia. Pesertanya dari berbagai negara dan ini bukan event yang sembarang karena melalui proses yang selektif dan harus mengumpulkan poin sebelumnya," ujar Donny.

Donny mengatakan, rute yang dilalui para peserta cukup berat. Sebab, mereka akan melintasi pegunungan Mont Blanc di perbatasan Perancis, Italia dan Swiss. Bisa dibilang, event bergengsi tersebut merupakan impian dari para pelari trail.

"Jadi kami mohon doa dan dukungan dari pak Menpora untuk atlet kita yang mana dari alumni UI mengikuti ajang UTMB. Kita bangga bahwa mereka akan mengharumkan nama bangsa di ajang tersebut," terangnya.

Di samping itu, Donny juga menjelaskan pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan BOB Forest Run 2024 pada September yang akan datang. Menurutnya, kegiatan itu bagian dari ajang untuk pembinaan atlet lari trail UI.

"Jadi event BOB Forest Run ini tak hanya diikuti alumni UI saja, juga terbuka untuk umum. Semoga dari sini akan lahir atlet-atlet yang nantinya bisa mengharumkan nama bangsa. Target pesertanya nanti lebih dari seribu," imbuhnya.

 

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024