Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) menyiapkan uang tunai sebesar Rp34 triliun atau naik 5,3 persen secara tahunan (yoy) menjelang libur Lebaran pada periode 6-15 April 2024.

Senior Executive Vice President Operation BRI Nyoman Sugiriyasa, mengatakan bahwa kenaikan jumlah uang kas tersebut dikarenakan perbedaan masa libur periode Ramadan dan Idul Fitri yang sebelumnya 7 hari di tahun 2023 menjadi 10 hari di tahun ini. Dia pun memastikan hal itu tidak mengganggu likuiditas perseroan.

"BRI telah menyediakan likuiditas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan uang kartal nasabah di periode Ramadan dan Lebaran tahun 2024," kata Nyoman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Rabu.

Nyoman memandang bahwa kecepatan perputaran uang menunjukkan aktivitas ekonomi yang meningkat dan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, periode Ramadan dan Lebaran merupakan periode dengan tingkat konsumsi rumah tangga paling tinggi dalam setahun.

Selain memastikan kesediaan uang kas, BRI menyampaikan bahwa perseroan juga menjaga reability untuk jaringan e-channel. Masyarakat dapat mengakses lebih dari 686 ribu jaringan e-channel BRI yang terdiri dari ATM, CRM dan EDC. Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan Agen BRILink yang berjumlah 741 ribu dan tersebar di seluruh Indonesia.

BRI juga telah menghadirkan asisten virtual "Sabrina" untuk memudahkan nasabah dalam menanyakan info lokasi ATM BRI, mengecek saldo dan mutasi rekening tabungan, simulasi KPR dan BRIguna, mengecek status tiket pengaduan BRI, lokasi AgenBRILink, hingga menanyakan lokasi kantor cabang BRI terdekat.

Di luar layanan perbankan, asisten virtual ini juga dapat menyediakan beberapa informasi seperti membantu nasabah mencari beragam merchant terdekat yang memfasilitasi pembayaran melalui BRI.

Di samping jaringan layanan e-channel yang tersebar luas, perseroan berupaya untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dengan layanan transaksi digital banking melalui BRIMo yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi BRImo memungkinkan nasabah untuk dapat membayar tiket mudik dan balik Lebaran, membayar zakat melalui fitur donasi, serta membagikan tunjangan hari raya (THR) kepada sanak saudara melalui fitur transfer.

Baca juga: BRI Gelar Mudik Asyik bersama BUMN 2024
Baca juga: BRI Insurance sediakan layanan klaim daring pada periode Lebaran 2024
Baca juga: BRI Prioritas sabet penghargaan di Asia Trailblazer Awards 2024

 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024