Kutai Barat, Kaltim (ANTARA) - Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Mayjen TNI Tandyo Budi Revita menyatakan, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Wilayah Perbatasan ke-119 yang dilaksanakan Kodim 0912/ Kutai Barat, bertujuan untuk membangun daerah tertinggal.

"TMMD merupakan program TNI AD yang dilaksanakan empat kali dalam setahun untuk memperlancar pembangunan di daerah tertinggal melalui kemanunggalan TNI dan rakyat," ujar Mayjen TNI Tandyo Budi Revita saat penutupan TMMD di Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, Kaltim, Rabu.

Ia pun mengapresiasi pelaksanaan TMMD oleh TNI bersama pemerintah daerah dan pihak terkait di Kampung Kelian dan Tepulang, Kecamatan Damai tersebut, karena manfaatnya sangat besar bagi warga setempat.

Ia juga mendukung permintaan Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan terkait rekrutmen TNI AD bagi pemuda dan pemudi Kubar, karena hal ini sesuai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, serta dalam pembangunan infrastruktur seperti barak atau perumahan Kodim 0912/ Kubar.

Sementara Komandan Satuan Tugas TMMD yang juga Komandan Kodim 0912/ Kubar Letkol Czi Eko Handoyo mengatakan, TMMD ini merupakan hasil kolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah pedesaan, terutama daerah tertinggal, terisolir, dan perbatasan yang melibatkan 150 personel.

Kampung Kelian menjadi sasaran TMMD Wilayah Perbatasan ke-119 dengan berbagai kegiatan fisik dan nonfisik. Untuk fisik seperti semenisasi jalan, rehabilitasi rumah tidak layak huni, pembuatan fasilitas air bersih, pembuatan MCK, pembukaan lahan pertanian.

"Sedangkan kegiatan nonfisik antara lain sosialisasi wawasan kebangsaan, wawasan bela negara, keamanan dan ketertiban, bahaya narkoba, sosialisasi hukum, KB, kesehatan, pencegahan kebakaran hutan dan lahan, pentingnya pertanian, dan sosialisasi rekrutmen TNI," katanya.

Sedangkan Bupati Kubar FX Yapan mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran Wakasad beserta rombongan dalam pelaksanaan kegiatan TMMD Wiltas ke-119 di Kampung Jengan Danum, Kecamatan Damai.

“Kunjungan Wakasad beserta rombongan sangat berarti bagi Kabupaten Kubar dalam memberikan motivasi dan inovasi kepada pemerintah dan masyarakat. TMMD ini merupakan bentuk kehadiran TNI-AD di tengah masyarakat dan kolaborasi yang baik antara TNI-AD dan pemda)," ujar Yapan.
Baca juga: Wakasad: Gelar alutsista TNI AD di Monas untuk edukasi masyarakat
Baca juga: Wakasad tinjau kesiapan prajurit yang akan jadi satgas pamtas di Papua

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024