Samarinda (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dipastikan hadir pada acara Ikrar Merajut Indonesia yang akan dilaksanakan pada Minggu (27/10) di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

"Pelaksanaan Ikrar Merajut Indonesia ini atas permintaan langsung dari Deputi V Kemenpora saat kami berkunjung ke Jakarta pada Selasa lalu, dimana mereka menginginkan sebelum kegiatan Merajut Indonesia harus dilakukan terlebih dahulu dengan membaca ikrar," ungkap Sekretaris Panitia Pelaksana Hari Sumpah Pemuda Suparlan, Kamis (24/10).

Turut hadir pada Ikrar Merajut Indonesia itu kata Suparlan, Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang dan Gubernur Kaltim, Awang Faroek.

"Juga 500 pemuda dari berbagai OKP serta simpatisan dan gerakan Pramuka Kwarcab Samarinda akan siap meramaikan Ikrar Merajut Indonesia yang akan dilaksanakan pada Minggu malam sebelum dilaksanakan acara inti yakni Merajut Indonesia yang dilaksanakan pada Senin malam (28/10) di Lamin Etam," kata Suparlan.

Selain melibatkan para Pemuda se-Kota Samarinda, panitia juga lanjut dia mengajak seluruh warga untuk hadir dalam acara tersebut.

"Pada kegiatan Ikrar Merajut Indonesia ini juga diselingi dengan kegiatan pentas seni, berupa hiburan musik yang merupakan binaan dari Kemenpora," ungkap Suparlan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Samarinda Makmun AN mengatakan, sebelum pelaksanaan Ikrar Merajut Indonesia, pada Minggu pagi (27/10), akan dilaksanakan Gerak Jalan Pemuda yang melibatkan sedikitnya 500 peserta.

"Pada Minggu lalu (20/10) kami melaksanakan kegiatan Hari Bakti Pemuda Indonesia sebagai rangkaian peringatan hari Sumah Pemuda yang tahun ini Kota Samarinda menjadi tuan rumah. Kemudian, pada 27 Oktober 2013, kembali akan digelar Gerak Jalan Pemuda yang akan diikuti 500 pemuda," ungkap Makmun.

Selain trofi atau piala dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Wali Kota Samarinda dan Gubernur Kaltim panitia, kata Makmun, juga telah menyiapkan total hadiah Rp16 juta.

Gerak jalan sendiri akan berlangsung di lapangan Pemuda Jalan Bhayangkara.

"Diharapkan peserta sudah harus ada di lapangan pukul 06.00 Wita karena gerak jalan akan berlangsung mulai pukul 07.00 Wita," kata Makmun. (A053/A041)

Pewarta: Amirullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013