Basel (ANTARA News) - Unggulan teratas Juan Martin Del Potro semakin dekat dengan keberhasilan mempertahankan gelarnya di Swiss Indoors pada Kamis, setelah ia mengalahkan Marcos Baghdatis untuk ketiga kalinya pada musim ini.

Del Potro, yang menang 6-1, 6-2, akan berhadapan dengan Paul-Henri Mathieu setelah petenis Prancis itu mengalahkan kompatriotnya Michael Lodra 6-4, 6-3, lapor AFP.

Del Potro masih segar dari kesuksesannya di tur Asia, memenangi gelar Tokyo dan mencapai final Shanghai Masters saat ia takluk dari Novak Djokovic setelah sebelumnya mengalahkan Rafael Nadal.

Petenis Argentina itu, yang menghuni urutan kelima peringkat dunia, sejauh ini belum kehilangan set di Basel, di mana ia mengalahkan juara lima kali Roger Federer untuk mengamankan gelar setahun silam di turnamen yang dilangsungkan di "markas" sang petenis Swiss.

Kemenangan Del Potro yang diraihnya setelah bermain 72 menit merupakan kemenangan ke-45nya musim ini, membuat ia mencapai 11 perempat final atau lebih baik dari 16 ajang yang dimainkannya.

"Awalnya berat bagi saya," kata juara AS Terbuka 2009 ini, yang dua kali mematahkan serve lawannya pada masing-masing set dan meraih kemenangan pada match point keempat.

"Saya memiliki game service yang sulit pada awalnya namun kemudian saya mendapat kepercayaan diri setelah saya mematahka servicenya untuk pertama kalinya."

"Saya melakukan serve dengan lebih baik dibanding kemarin dan secara umum bermain lebih baik. Saya memimpin 5-0 di set pertama namun juga melakukan beberapa kesalahan mudah. Anda harus berhati-hati melawan petenis bagus seperti dirinya, ia dapat bangkit kapan saja."

Del Potro membuat Baghdatis berada di bawah tekanan pada menit kedelapan game keenam, di mana petenis Sipurs itu lolos dari empat break point untuk memenangi game pertamanya di pertandingan itu untuk mengubah skor menjadi 5-1.

Del Potro menuntaskan set itu pada game berikutnya dan mematahkan serve lawannya pada game kelima dan ketujuh di set kedua untuk menutup kemenangannya.

Del Potro telah lolos untuk turnamen penutup musim yang diikuti delapan petenis di London, yang dimulai pada Senin, namun ia akan perlu memenangi gelar berturut-turut kedua di daerah kekuasaan Federer untuk dapat mendongkrak kepercayaan diri.

"Saya menyukai level saya sekarang, saya bermain baik namun saya tetap jauh dari petenis-petenis papan atas. Level mereka lebih baik daripada saya dan saya harus terus bekerja untuk meningkatkan kemampuan."

Pada hasil pertandingan-pertandingan putaran kedua lainnya, petenis Kanada Vasek Pospisil mencapai perempat final ketiganya musim ini dengan kemenangan 6-3, 6-4 atas Ivo Karlovic.

Petenis Prancis Edouard Roger-Vasselin menundukkan Tobis Kamke asal Jerman dengan skor 7-5, 6-3, sedangkan Daniel Brands asal Jerman mencapai delapan besar saat ia mengalahkan petenis Polandia Lukasz Kubot, 6-2, 6-4.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013