...komitmen kami dukung dan sukseskan pembangunan
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) ikut mengawal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"MADN ikut kawal pembangunan ibu kota negara baru Indonesia, komitmen kami dukung dan sukseskan pembangunan," tegas Wakil Presiden Urusan Internal MADN Andersius Namsi di Penajam, Rabu.

Baca juga: OIKN berkomitmen ciptakan kota layak huni, membahagiakan penduduknya

Suku Dayak melalui organisasi MADN, lanjut dia, telah membuat deklarasi bersama yang menyatakan mendukung pembangunan Kota Nusantara di Kaltim.

Ia pun tidak sependapat dengan Panglima Pajaji, yang mengutuk proyek pembangunan IKN masa depan Indonesia di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Panglima Pajaji disebut sebagai pemimpin pasukan Pantak Padagi Borneo.

Berbeda pendapat dan melakukan kritik itu boleh saja tetapi kritik yang disampaikan kritik yang membangun dan ada solusi, menurut dia, bukan cenderung ke arah salah sasaran.

Baca juga: 121 ribu PNS telah ikuti uji kompetensi dari BKN untuk pindah ke IKN

Panglima Dayak, jelas dia pula, memilikI tugas mengawal dan memastikan masyarakat adat Dayak tetap aman dan dapat bekerja dengan baik.

"Silahkan melakukan kritik, tetapi kami harapkan kritik dilakukan sesuai adat budaya Dayak," tambahnya.

Pembangunan IKN menjadikan kondisi lebih baik, ungkap dia, seperti infrastruktur jalan sekarang kondisinya baik dan mulus, sebelumnya rusak parah tidak tersentuh perbaikan.

Kehidupan ekonomi masyarakat lokal yang sehari-hari bekerja sebagai petani kebun dan sawah juga berkembang lebih baik karena dapat menjual hasil pertanian dengan mudah dan memperoleh pendapatan cukup signifikan.

Sebagian warga lokal di kawasan Kota Nusantara itu adalah masyarakat Dayak Paser, Balik, dan Kenyah, dan sebagai tokoh masyarakat Dayak senang melihat perubahan yang terjadi, demikian Andersius Namsi.

Baca juga: Otorita IKN kembangkan Nusantara jadi kota ramah pejalan kaki

Baca juga: Menpan RB dan Kepala OIKN bahas pemindahan ASN-dgitalisasi di IKN

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024