...solusi transformasi digital yang terkoneksi dengan internet of things membantu bisnis untuk bisa beroperasi menjadi lebih efisien dan efektif,
Jakarta (ANTARA) - Transformasi digital melalui pemanfaatan layanan SAP Public Cloud dinilai mampu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan hingga 50 persen sehingga mendorong pertumbuhan bisnis.

Managing Partner TMS Consulting Dery Hananto di Jakarta, Kamis, mengatakan salah satu cara untuk menumbuhkan bisnis lebih berkelanjutan bukan sekadar mencatatkan pertumbuhan omzet setinggi-tingginya, tapi juga membuat operasional bisnis lebih efisien dan efektif.

Dengan demikian margin keuntungan yang didapatkan, lanjutnya, bisa meningkat, serta tim maupun konsumen juga merasakan manfaat dari operasional bisnis yang efektif dan efisien.

"Sejak memasuki periode industri 4.0, solusi transformasi digital yang terkoneksi dengan internet of things membantu bisnis untuk bisa beroperasi menjadi lebih efisien dan efektif," ujarnya.

Baca juga: Transformasi digital perkuat industri sawit berkelanjutan

Salah satunya, menurut dia, transformasi digital populer adalah memanfaatkan layanan SAP Public Cloud yang mampu meningkatkan skalabilitas, fleksibilitas, dan optimasi biaya operasional bisnis.

Dery mengatakan dalam pengalaman TMS mendukung transformasi digital beberapa perusahaan dengan SAP S/4HANA Cloud, perusahaan itu mendapatkan manfaat seperti operasional bisnis bisa bekerja lebih efektif sebesar 50 perusahaan dibandingkan dengan sebelumnya, penilaian yang lebih akurat terhadap kapasitas aset dan potensi untuk pekerjaan berlebih.

Selain itu, tambahnya, perusahaan juga mampu mengelola aset dengan lebih efisien, serta menghilangkan proses pengelolaan aset manual selama tiga jam setiap hari, serta meredam risiko human error.

Dikatakannya, transformasi digital dengan SAP S/4HANA Cloud juga bisa mendukung lini bisnis lainnya seperti Supply Chain Management seperti bisa mencatatkan 97 persen pengiriman dilakukan tepat waktu, meningkatkan kepuasan konsumen, serta meningkatkan tingkat perputaran investasi sebesar 30 persen.

Dari sisi keuangan, SAP Public Cloud ini bisa membantu menghemat waktu hingga 50 persen untuk menutup akun bulanan. Lalu, dengan transformasi digital, perusahaan bisa mengelola 1,5 kali lebih banyak transaksi dengan jumlah karyawan yang sama.

Baca juga: Menpan RB jajaki kerja sama transformasi digital Indonesia-Australia

Sales Director, Head of Midmarket SAP Indonesia, Anastasia Siada menambahkan, pihaknya pun terus berinovasi salah satunya, sistem SAP saat ini sudah dilengkapi dengan Joule, salah satu teknologi artificial intelligence, sehingga bisa mengelola operasional semakin efisien dan efektif.

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024