Untuk makanan di Pasar Depok Jaya aman. Hanya satu produk makanan mengandung Rodamin itu produsen dari luar Depok
Depok (ANTARA) - Komisi IX DPR RI bersama Pemerintah Kota Depok Jawa Barat mengawasi peredaran makanan dan minuman di Pasar Depok Jaya, dan hasilnya menemukan satu makanan yang mengandung Rodamin atau zat pewarna pakaian.

"Untuk makanan di Pasar Depok Jaya aman. Hanya satu produk makanan mengandung Rodamin itu produsen dari luar Depok," kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Depok, Kamis.

Dia menjelaskan, hasil dari temuan adanya makanan yang mengandung Rodamin ini, pihaknya bersama BPOM juga telah melakukan pembinaan kepada pedagangnya agar tidak menjual produk makanan yang mengandung zat pewarna yang berbahaya bagi tubuh itu.

"Kita akan menyusuri di Depok. Diharap pedagang tidak menjual makanan tersebut. Penindakan di BPOM, kalau nanti ada temuan kami menginformasikan dan kami tidak ada kewenangan untuk menindak," katanya.

Imam Budi Hartono mengatakan, semua produk makanan yang dijual di Pasar Depok Jaya aman dikonsumsi.

Selain itu untuk harga dan stok produk untuk memenuhi kebutuhan warga selama Ramadhan juga aman.

"Harga dan stok aman. Cabai harganya sudah turun, tapi rasanya masih pedas. Ikan asin dan kue basah aman," katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Depok dan BPOM Jakarta yang telah mendampingi melakukan pantauan lapangan ke Pasar Depok Jaya di bulan Ramadhan.

Tujuan kunjungan Komisi IX DPR RI itu adalah untuk mengetahui kondisi harga, stok, keamanan produk makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat.

"Kami melakukan kunjungan lapangan ke Pasar Depok Jaya. Alhamdulillah. Produknya aman untuk belanja tahu, makanan, dan ikan asin," kata Kurniasih Mufidayati.

Sementara itu, Kepala BPOM Jakarta Sofiyani Chandrawati Anwar mengatakan, hasil sampling produk makanan yang dijual di Pasar Depok Jaya aman.

Namun ada satu produk makanan jenis mie basah positif mengandung zat pewarna atau Rodamin.

"Dari hasil sampling kami di Pasar Depok Jaya, dari hasil sampling kami diperbantukan ada satu produk mie basah positif mengandung Rodamin," kata Sofiyani.

Sofiyani mengatakan, atas temuan produk makanan mie basah itu pihaknya langsung memberikan pembinaan ke pedagang.

"Kita melakukan pembinaan ke penjualan. Hanya satu, makanan aman semua. Tahu, ikan asin, ikan, ayam aman," katanya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024