Jadi penyediaan pupuk organik ini sudah lama diproduksi, namun memang kurang sosialisasi karena jumlah yang masih terbatas.
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura setempat menyediakan pupuk organik lokal bagi masyarakat ataupun petani yang membutuhkan, dengan mendatangi Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) terdekat di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Papua Samuel Siriwa, di Jayapura, Kamis, mengatakan penggunaan pupuk organik ini memiliki banyak manfaat, salah satunya mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia dan menyumbang keseimbangan karbon dalam tanah.

“Jadi penyediaan pupuk organik ini sudah lama diproduksi, namun memang kurang sosialisasi karena jumlah yang masih terbatas,” katanya.

Menurut Siriwa, untuk itu pihaknya kini mengajak masyarakat atau petani agar beralih ke pupuk organik guna membantu menciptakan lingkungan optimal untuk pertumbuhan tanaman.

“Untuk itu kini kami mulai memperkenalkan kepada masyarakat yang sedang merawat tanaman di perkarangan rumah ataupun para petani,” ujarnya.

Dia menjelaskan produksi tersebut ini ada berbagai macam, yakni pupuk untuk menanam, lalu ada juga merawat dan memperbaiki tanaman yang rusak, sehingga penanganan lebih tepat sasaran dengan begitu tidak perlu takut terkontaminasi dengan bahan kimia karena ini organik.

“Jadi ini bahan bakunya adalah semua tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar, untuk itu diharapkan masyarakat maupun petani yang membutuhkan silakan datang ke UPTD terdekat kami,” katanya lagi.

Dia menambahkan, untuk itu kepada masyarakat dapat memanfaatkan pupuk yang telah disediakan pemerintah dengan begitu ikut menjaga kualitas serta kesuburan tanah, sehingga mendukung pertumbuhan tanaman yang lebih baik.
Baca juga: AAL kembangkan pupuk organik dukung prinsip keberlanjutan
Baca juga: Kalbar gencarkan Gerakan Tani Pro Organik atasi pupuk mahal


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024