Batam (ANTARA) - Presiden Direktur Lion Grup, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi menyampaikan realisasi investasi pada Batam Aero Technic (BAT) Lion Grup telah mencapai Rp797 miliar hingga Desember 2023.

Ia menjelaskan untuk target nilai investasi pada lahan 30 hektar sebesar Rp1,550 triliun, dan direncanakan akan melakukan perluasan lahan hingga 50 hektar dengan nilai investasi mencapai Rp7 triliun sampai tahun 2030.

"Sementara Rp7 triliun yang kami sampaikan adalah kita berharap di sebelah fasilitas (hanggar B) ini masih ada lahan kosong, mudah-mudahan oleh BP Batam bisa kami gunakan, sehingga total luas yang akan kami tempati menjadi tempat perawatan pesawat adalah 50 hektar," ujar Daniel dalam kegiatan Kunjungan Hangar dan Diskusi Inovasi Penerbangan di Batam Aero Technic (BAT), Kamis.

Ia menyebutkan sebanyak 26 pesawat bisa muat dilakukan perawatan secara langsung di 6 hanggar BAT Lion Grup.

Ia menambahkan hingga saat ini di hanggar BAT, telah mencapai 1.500 tenaga kerja yang seluruhnya berasal dari Indonesia.

Kata Daniel, sebelum para pegawai BAT bekerja di hanggar perawatan pesawat tersebut, mereka mendapatkan fasilitas berupa pelatihan atau magang.

"100 persen kita menggunakan anak-anak muda dari negara Indonesia dan mereka mendapatkan fasilitas pelatihan sebelum bekerja disini,"

Menurutnya hal tersebut guna memberikan kesempatan kepada anak muda Indonesia untuk belajar serta memperbaiki diri, serta memiliki pengalaman dengan standar internasional.

Daniel mengatakan dengan fasilitas yang ada di BAT saat ini yaitu kawasan perdagangan bebas/ free trade zone (FTZ) serta kawasan ekonomi khusus (KEK), menjadikan semangat baru bagi pihaknya untuk mempertahankan industri perawatan pesawat di Batam.

"Kita sangat optimis bahwa secara geografi 17 ribu pulau dan 270 juta penduduk. Ini memerlukan industri transportasi penerbangan," kata dia.

Baca juga: Pemerintah akselerasi investasi di KEK Batam Aero Technic
Baca juga: Pemkot Surabaya-Lion Air kerja sama beasiswa penerbangan
Baca juga: BNI kolaborasi dengan Garuda dan Lion tekan harga tiket pesawat

 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024