"Pameran yang berlangsung dalam kawasan rumahnya sendiri di Desa Sukawati Kabupaten Gianyar akan dibuka oleh Nyoman Popo Priyatna Danes pada hari Minggu (27/10),"
Denpasar (ANTARA News) - Dua pelukis muda Bali Ade Kurniawan "Ping-Ping" dan Atmi Kristiana Dewi mengadakan karya kolaborasi dengan menampilkan 25 karya kanvas dalam pameran yang diberi nama "Diary Project #1 Interaction". 

"Pameran yang berlangsung dalam kawasan rumahnya sendiri di Desa Sukawati Kabupaten Gianyar akan dibuka oleh Nyoman Popo Priyatna Danes pada hari Minggu (27/10)," kata kurator pameran tersebut Wayan Seriyoga Parta di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa pameran tersebut berlangsung selama dua minggu, hingga 10 November mendatang, dengan menyuguhkan karya-karya duet kolaborasi dua seniman muda.

Gagasan pameran kolaborasi itu berawal dari kedekatan dua perupa muda Ping-Ping Kurniawan dan Atmi Kristiana Dewi secara personal dan berkreativitas seni rupa sehingga melahirkan sebuah gagasan sederhana "Diary Project".

Proyek tersebut berawal dari niatan untuk membuat rekaman jejak visual interaksi keseharian mereka berdua dalam bentuk catatan-catatan visual pada berbagai media mulai dari kertas, kanvas, dan media apa pun yang lekat dengan kesehariannya.

Seriyoga menjelaskan bahwa berkat kedekatan mereka berdua bukan saja sebuah jalinan hubungan personal antara dua insan semata, melainkan juga berhubungan dalam olah rupa (berkarya seni rupa) yang memiliki kesamaan gaya ungkap, yakni gaya figuratif, mengolah bentuk-bentuk menjadi terlihat naif dan karikatural.

Kedekatan personal itu justru dipicu oleh kesamaan eksplorasi rupa, kemudian mengantarkan tumbuhnya rona jalinan yang terhubung dari matrik-matrik kreativitas hingga melahirkan getaran-getaran rasa yang lebih mendalam.

Seriyoga menambahkan, dalam presentasi awal, mereka sepakat untuk mengangkat interaksi yang mengetengahkan soal interaksi yang mereka rasakan ketika mengawali program tersebut.

Interaksi keseharian mereka terekam dalam proyek yang dituangkan ke dalam eksplorasi bentuk dan media. Representasi yang dihadirkan pada pameran kali ini menampilkan rekaman berbagai peristiwa, bahkan sampai keadaan psikologi (perasaan, emosi) personal mereka alami berdua.

Perasaan bingung, canggung, ragu, penuh tanda tanya pada awalnya karena terbenani pemikiran tentang format program, dan selanjutnya mengalir seiring dengan waktu. Semuanya terejawantahkan ke dalam karya-karya yang dihadirkan.

"Diary Project #1 Interaction" adalah presentasi awal dari proyek kolaborasi panjang yang telah digagas bersama sejak beberapa bulan silam, dan akan terus mereka jalani ke depannya.

Melalui presentasi awal itu tentunya mereka akan makin mantap dalam menyiapkan sekuel selanjutnya yang akan mereka gelar pada presentasi berikutnya, ujar Seriyoga Parta.
(I006/D007)

Pewarta: IK Sutika
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013