Presiden Jokowi menyebut harga komoditas pangan di pasar tradisional Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalbar, relatif sama dengan yang dijajakan di Pulau Jawa.
Jakarta (ANTARA) - Pada Kamis (21/3), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut harga komoditas pangan di pasar tradisional Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), relatif sama dengan yang dijajakan di Pulau Jawa.

Ada pula warta tentang ajakan PBNU agar masyarakat bersatu usai penetapan hasil Pemilu 2024, dan pengurangan sampah makanan saat Ramadhan.

Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut:

1. Presiden sebut harga pangan di Kalimantan sama dengan di Jawa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan harga komoditas pangan di pasar tradisional Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat, relatif sama dengan yang dijajakan di Pulau Jawa.

"Yang naiknya agak tinggi dibanding Jawa adalah telur, itu saja sudah," kata Presiden Jokowi usai mengecek harga pangan di Pasar Tradisional Sekadau, Kamis, yang diikuti dalam jaringan (daring) Sekretariat Presiden.

2. PBNU ajak masyarakat kembali bersatu usai penetapan hasil Pemilu 2024

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengajak semua pihak untuk bersatu kembali setelah dilakukan penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, KH Yahya Cholil Staquf mengatakan untuk menjalani Pemilu 2024 sebagai prosedur menjalankan hak pilih, bukannya pertarungan habis-habisan beberapa pihak.

3. WMO keluarkan peringatan saat indikator perubahan iklim pecahkan rekor

Kepala badan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (19/3) mengeluarkan peringatan merah saat data baru menunjukkan bahwa rekor untuk semua indikator iklim telah terpecahkan pada 2023.

Badan iklim PBB, Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization/WMO), telah merilis sebuah laporan baru tentang keadaan iklim global pada 2023.

4. Tim SAR temukan 69 imigran Rohingya korban kapal karam di laut Aceh

Tim Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Banda Aceh berhasil menemukan sebanyak 69 imigran Rohingya yang menjadi korban kapal karam di laut daerah ini, Kamis.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Banda Aceh AL Hussain yang dikonfirmasi dari Jakarta, Kamis, mengatakan para korban ditemukan terapung di laut sekitar 21 mil dari Pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh, Kamis sekitar pukul 09.00 WIB.

5. BRIN serukan pengurangan sampah makanan saat Ramadhan

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyerukan upaya pengurangan sampah makanan atau food waste saat Ramadhan sebagai bentuk kontribusi dalam melindungi iklim planet bumi. Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Maryati mengatakan sampah makanan adalah sampah organik yang dapat menghasilkan gas metan.

"Gas metan merupakan gas rumah kaca dengan dampak pemanasan sekitar 30 kali gas karbon dioksida," kata Maryati saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024