Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA mengatakan Bandara Depati Amir Pangkalpinang membuka rute penerbangan baru ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau, menjelang Lebaran 2024.

"Penerbangan rute Pangkalpinang-Batam ini akan dimulai pada Rabu, 27 Maret 2024," kata Safrizal ZA di Pangkalpinang, Jumat.

Baca juga: Pj Gubernur Babel cek kesiapan arus mudik Pelabuhan Muntok

Ia mengatakan penambahan penerbangan baru Pangkalpinang-Batam ini sebagai langkah pemerintah daerah dan maskapai penerbangan untuk mengatasi lonjakan arus mudik Lebaran 2024 ke Pulau Sumatera.

"Saya berharap maskapai penerbangan juga membuka penerbangan langsung Belitung-Batam guna memudahkan masyarakat untuk mudik merayakan lebaran di kampung halamannya," kata Safrizal.

Baca juga: Jika perusahaan terlambat bayar THR, Pemprov Babel kenakan denda

Menurut dia, saat ini perusahaan penerbangan sudah melakukan penambahan penerbangan untuk mendukung arus mudik Lebaran 2024.

"Dalam waktu dekat ini beberapa maskapai sudah mengajukan penambahan penerbangan, seperti Garuda Indonesia menambah flight Pangkalpinang-Jakarta dan kota lainnya," kata dia.

Dengan adanya penambahan rute penerbangan ini, kata dia, tidak hanya memudahkan masyarakat untuk mudik lebaran, tetapi juga membantu pemerintah dalam menekan inflasi akibat kenaikan tarif jasa angkutan udara.

Baca juga: BI Babel siapkan Rp1,6 triliun untuk penukaran uang jelang Idul Fitri

"Dalam mengendalikan inflasi, kita juga berupaya menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok menjelang lebaran, misalnya menggencarkan operasi pasar, pasar murah, serta mengawasi stok, harga, dan distribusi kebutuhan pokok masyarakat menyambut Lebaran 2024," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024