Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA mengecek kesiapan arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, agar arus mudik berjalan aman, lancar, dan tertib.

"Saya sudah memerintahkan Bupati Bangka Barat untuk mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung, agar tidak terjadi lagi antrean panjang kendaraan di Pelabuhan Muntok selama arus mudik lebaran," kata Safrizal ZA di Pangkalpinang, Jumat.

Baca juga: Pemprov Babel gencarkan Gerakan Pangan Murah menjelang Lebaran

Ia mengatakan, dalam mengatasi kemacetan panjang kendaraan di Pelabuhan Muntok Bangka Barat ini, Pemkab Bangka Barat diminta untuk menyediakan dan menambah kantong-kantong parkir kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Palembang, Sumatera Selatan.

Selain itu, Pemkab Bangka Barat dan pengelola pelabuhan juga diminta untuk melakukan simulasi keluar masuk kapal penumpang, guna mencegah penumpukan calon penumpang di terminal pelabuhan tersebut.

Baca juga: BI Babel siapkan Rp1,6 triliun untuk penukaran uang jelang Idul Fitri

"Dengan adanya simulasi keluar masuk kapal ini tentunya kita mengetahui waktu dan bisa dibandingkan dengan jumlah warga yang mudik melalui pelabuhan tersebut," ujarnya.

Menurut dia, setiap memasuki arus mudik lebaran, Pelabuhan Muntok Kabupaten Bangka Barat menjadi pelabuhan terpadat dan tersibuk, karena animo masyarakat mudik ke Pulau Sumatera sangat tinggi.

"Setiap tahun arus mudik selalu terjadi kemacetan panjang di pelabuhan ini, sehingga diperlukan sinergisitas seluruh pihak agar arus mudik tahun ini berjalan aman, nyaman, dan tertib," katanya.

Baca juga: Jika perusahaan terlambat bayar THR, Pemprov Babel kenakan denda

Ia berharap dengan adanya persiapan sarana dan prasarana pendukung arus mudik tahun ini, masyarakat yang melakukan perjalanan mudik bisa aman dan nyaman," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024