....kami tambahkan kata international, jadi Indonesia International Sustainability Forum.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menggelar Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 pada 4–6 September.

“Jadi tahun ini kami melanjutkan (ISF) lagi, dan supaya naik kelas, kami tambahkan kata international, jadi Indonesia International Sustainability Forum,” ujar Deputi Koordinator Transportasi dan Infrastruktur Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin dalam Konferensi Pers ISF 2024 di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Jumat.

Ia memaparkan bahwa Indonesia Sustainability Forum 2023 berhasil mendatangkan lebih dari 2.000 peserta dari 40 negara seperti Amerika Serikat, Tiongkok, dan Inggris, serta menghadirkan beragam pembicara kelas dunia seperti Managing Director IMF Kristalina Georgieva, Presiden Bank Dunia Ajay Banga, serta para pemimpin perusahaan multinasional lainnya.

Baca juga: Pemerintah pacu investasi berwawasan lingkungan, dukung dekarbonisasi

Kesuksesan tersebut, kata Rachmat, menunjukkan konkretnya peluang Indonesia dalam memimpin dan menggalakkan inisiatif, serta kolaborasi global untuk melaksanakan dekarbonisasi.

Untuk mempertahankan momentum tersebut, kata Rachmat, ISF pun kembali digelar dengan skala yang lebih besar. Penanda dari peningkatan skala tersebut, yakni dengan mengubah nama dari Indonesia Sustainability Forum menjadi Indonesia International Sustainability Forum.

“Ini juga diminta agar kita mengadakan hal ini secara tahunan,” kata Rachmat.

Rachmat menjelaskan bahwa ISF akan mempertemukan pemangku kebijakan, pakar ahli, serta investor dari seluruh dunia untuk membangun kemitraan di bidang sustainability dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi hijau dunia.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga JBB jalankan Decarbonization Partnership Program

Sekitar 250 pembicara dan pejabat global tingkat tinggi, termasuk kepala negara dan menteri dari Singapura, Malaysia, China, India, Brasil, dan negara Kota Vatikan diperkirakan akan menghadiri ISF 2024.

“Mungkin pesertanya kami perkirakan bisa 5 ribu. Dan ada lebih dari 20 topik yang kami akan bicarakan dalam bentuk sustainability, dekarbonisasi, climate,” ucap dia.

ISF 2024 akan fokus pada 5 pilar pembahasan yaitu ekonomi hijau (Green Economy), transisi energi (Energy Transition), konservasi alam dan keanekaragaman hayati (Biodiversiy and Nature Conservation), gaya hidup berkelanjutan (Sustainable Living), dan ekonomi kelautan (Blue Economy).

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024