Jakarta (ANTARA) - Lima berita terkait ekonomi yang dipublikasikan kemarin (4/4) masih menarik untuk disimak pada Jumat.

Mulai dari perluasan pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), kepastian stok bahan bakar minyak (BBM), upaya peningkatan standar mutu pengolahan bisnis kelapa sawit atau ISPO, digitalisasi sistem pengolahan timah, hingga penambahan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk masa mudik Lebaran 2024.

Berikut rangkuman beritanya:

Wapres: Perluas pembiayaan UMKM dan bisnis pesantren

Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin mengatakan agar Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memperluas pembiayaan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan bisnis di pesantren daerah ini.

"Sektor jasa keuangan syariah, sebagai penyanggah pengembangan sektor ekonomi keuangan syariah," kata Wapres KH Ma'ruf Amin, di Manado, Kamis.

Baca berita selengkapnya

Menteri ESDM pastikan stok BBM dan LPG Pertamina aman

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan bahwa stok BBM dan LPG Pertamina dalam kondisi aman selama periode mudik dan libur Lebaran 2024.

“Secara umum, ketahanan stok BBM dalam kondisi bagus, di atas 20 hari, Pertalite 20 hari, dan solar juga sama,” ujar Arifin dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca berita selengkapnya

Kementan siapkan upaya tingkatkan capaian ISPO

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Ditjen Perkebunan menyiapkan berbagai upaya untuk meningkatkan capaian sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) yang masih rendah yakni 37,08 persen dari target yang ditetapkan pemerintah.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (PPHBun) Dirjen Perkebunan Kementan, Prayudi Syamsuri di Jakarta, Kamis menyebutkan capaian sertifikasi ISPO saat ini seluas 5,6 juta hektare dari luas lahan yang ditargetkan memperoleh sertifikat 16,38 juta hektare.

Baca berita selengkapnya

Menko Luhut bidik digitalisasi timah tuntas Juni untuk cegah korupsi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membidik digitalisasi sistem pengelolaan timah selesai pada Juni 2024 untuk mencegah praktik korupsi.

“Kami harap dalam 2 bulan ke depan (sistem pengelolaan timah) ini harus selesai,” ujar Luhut sebagaimana dipantau melalui akun instagram resminya luhut.pandjaitan di Jakarta, Kamis.

Baca berita selengkapnya

Kemenko Marves: Ada tambahan 175 SPKLU isi cepat di jalur mudik

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyebutkan telah dibangun 175 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tipe "fast charging" atau isi cepat sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa.

“Dalam 2 minggu lalu dibangun 175 SPKLU baru yang 'fast charging',” ujar Deputi Koordinator Transportasi dan Infrastruktur Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin dalam Konferensi Pers Persiapan SPKLU Menjelang Mudik Lebaran 2024 di Gedung Kemenko Marves Jakarta, Jumat.

Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024