Masa depan industri penerbangan di Indonesia menjanjikan, karena kita negara kepulauan
Batam (ANTARA) - Pendiri Lion Air Rusdi Kirana menyebutkan masa depan industri penerbangan di Indonesia menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara masyarakat.

Ia mengatakan hal tersebut berdasar kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan sehingga kebutuhan masyarakat terhadap transportasi udara cukup tinggi.

"Masa depan industri penerbangan di Indonesia menjanjikan, karena kita negara kepulauan. Yang sekarang masalahnya adalah bagaimana kita bisa komit dengan penumpang," kata Rusdi di Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

Selain itu, menurutnya, dengan pemerintah sudah memberikan kawasan ekonomi khusus (KEK) serta impor suku cadang gratis, diharapkan industri penerbangan Indonesia bisa bersaing dengan negara lain.

Melalui Batam Aero Technic (BAT), Rusdi mengatakan pihaknya akan menambah hanggar pesawat serta meningkatkan kerja sama dengan vendor perbaikan mesin.

Baca juga: Rusdi Kirana fokus tingkatkan SDM Lion Air dorong daya saing layanan

Baca juga: Realisasi investasi BAT Lion Grup capai Rp797 miliar


"Mesin minggu depan datang dari pihak luar, kita mau ganti modul. Jadi mesinnya dicopotin dan ganti modul di sini," kata dia.

Adapun realisasi investasi pada BAT Lion Grup telah mencapai Rp797 miliar hingga Desember 2023.

Presiden Direktur Lion Grup, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi menjelaskan untuk target nilai investasi pada lahan 30 hektar sebesar Rp1,550 triliun, dan direncanakan perluasan lahan hingga 50 hektare dengan nilai investasi mencapai Rp7 triliun sampai tahun 2030.

Ia menambahkan hingga saat ini di hanggar BAT, telah mencapai 1.500 tenaga kerja yang seluruhnya berasal dari Indonesia.

"Sebanyak 26 pesawat bisa muat dilakukan perawatan secara langsung di 6 hanggar BAT Lion Grup," ujar Daniel.

Baca juga: Lion parcel meresmikan mega hub Tangerang mampu tampung 200 ton sehari

Baca juga: Kemenhub izinkan beroperasi tiga pesawat Boeing 737-9 Max Lion Air

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024