Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo kembali ke Jakarta usai meninjau posko pengungsian warga terdampak banjir di Demak, Jawa tengah, Jumat.

Menurut informasi yang diterima, Presiden dan rombongan bertolak ke Jakarta menumpang Pesawat Boeing 737-400 TNI AU dari Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, sekitar pukul 12.45 WIB.

Tampak melepas keberangkatan Presiden kembali ke Jakarta yakni Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi, serta Danlanumad Ahmad Yani Kolonel Cpn Ihwan Okti Riyadi.

Pada Jumat, Presiden Joko Widodo mengunjungi posko pengungsian warga terdampak banjir di SMK Ganesa Demak, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Jokowi: Banjir Demak diatasi lewat perbaikan tanggul hingga geser awan

Baca juga: Jokowi perintahkan PUPR-BNPB cek bangunan rusak akibat banjir di Demak

Baca juga: Jokowi: Cuaca ekstrem hingga alih fungsi lahan picu banjir di Demak


Dalam keterangannya usai kunjungan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sejumlah langkah diperlukan untuk mengatasi banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Demak.

Hujan ekstrem yang terjadi menyebabkan tanggul tidak mampu menampung air yang mengakibatkan kerusakan dan genangan air di sekitar rumah warga.

Namun, saat ini menurut Presiden perbaikan tanggul di daerah tersebut telah dilakukan.

"Tadi malam yang lebar itu yang jebol 15 meter tadi malam jam 1 sudah tertutup, selesai dikerjakan selama 4 hari berturut-turut siang malam," kata Presiden.

Selain itu, pemerintah juga berupaya untuk mengurangi curah hujan ekstrem dengan melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024