Kegiatan ramp check speed boat yang ada di Provinsi Kalimantan Utara untuk persiapan angkutan Lebaran.
Tarakan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara (Dishub Kaltara) melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check kendaraan bermotor terhadap speed boat reguler dalam rangka kesiapan angkutan masa Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kegiatan ramp check speed boat yang ada di Provinsi Kalimantan Utara untuk persiapan angkutan Lebaran, untuk saat ini kami laksanakan di Kabupaten Bulungan Pelabuhan Kayan 2," kata Kepala Seksi LLASDP Bidang Pelayaran Dishub Kaltara Massahara, di Tanjung Selor, Bulungan, Jumat.

Dia mengatakan pelaksanaan inspeksi tersebut dilakukan untuk memastikan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran dalam keadaan aman dan kondusif.

Kegiatan inspeksi keselamatan dilakukan pada Kamis (21/3) di Pelabuhan Kayan 2, Bulungan selama dua hari.

Pada minggu depan akan dilakukan inspeksi di Pelabuhan Tengkayu Kota Tarakan dan Pelabuhan Liem Hie Djung Kabupaten Nunukan dari pagi hingga pukul 12.00 WITA.

Berdasarkan hasil rapat dengan Dishub se-Kaltara, Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) dan instansi terkait, inspeksi akan dilaksanakan di tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Kayan 2 Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan; Pelabuhan Tengkayu, Kota Tarakan; dan Pelabuhan Liem Hie Djung, Kabupaten Nunukan.

Massahara mengatakan dalam inspeksi ramp check angkutan umum speed boat tersebut meliputi kelaikan dan kesehatan operator hingga keamanan armada.

Pengecekan ini juga memastikan kesiapan armada, sarana pendukung keamanan dan keselamatan bagi penumpang yang menggunakan transportasi speed boat.

Ia menambahkan terkait dengan potensi arus lonjakan mudik dalam waktu dekat, Dishub Kaltara akan terus berkoordinasi dengan Gapasdap agar memastikan pelaksanaan mudik Lebaran berlangsung lancar dan aman.

“Kami berharap penumpang lebih bijak membeli tiket, rapat kemarin bahwa tidak ada kenaikan tarif tiket, dan hati-hati dalam membeli tiket, yang kami khawatirkan adanya percaloan, jadi belilah tiket di loket yang resmi," katanya pula.
Baca juga: Dua orang bersuhu tubuh 38 derajat ditemukan di Sungai Nyamuk-Kaltara
Baca juga: BBM naik, tarif kapal cepat di Kaltara mulai meningkat hari ini

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024