Hohhot (ANTARA) - Segera setelah aliran Sungai Kuning yang berkelok-kelok mencair sepenuhnya, kampanye aforestasi musim semi diluncurkan di tepi sungai itu dengan cakupan vegetasi yang terbatas dan terpisah di Kota Bayannur, Daerah Otonom Mongolia Dalam, China.

Melewati lanskap yang rapuh, area tepi sungai itu mengalami erosi tanah yang parah dan badai pasir yang mengepung dari utara.

Di tepi Sungai Kuning di Mongolia Dalam, terdapat sekitar 15 juta hektare lahan desertifikasi yang tersebar di 35 wilayah di tujuh kota, yang merupakan "medan perang" utama dalam upaya restorasi ekologi yang dilakukan pemerintah.

Tak jauh dari tepi sungai itu dan di tepi Gurun Ulan Buh, gurun terluas kedelapan di China, sebuah rumah kaca berukuran besar menyediakan bibit untuk kampanye penghijauan.

Direktur rumah kaca tersebut, Du Yongjun, mengatakan bahwa mereka telah membudidayakan sejumlah besar bibit, seperti haloxylon ammodendron dan jujube, yang merupakan spesies pohon lokal dengan daya tahan kuat terhadap kekeringan, garam, dan alkali.

Para pekerja menggunakan jerami kering untuk membuat barisan penghalang pasir berbentuk persegi yang rapi sebelum bibit ditanam.

Di saat sabuk hijau terus meluas melalui aforestasi selama bertahun-tahun di sepanjang gurun dan tanggul sungai, otoritas setempat menggunakan teknologi baru yang menggabungkan pengembangan energi baru dengan pengendalian pasir.

Sejumlah buldoser saat ini sedang beroperasi di Gurun Kubuqi, gurun terbesar ketujuh di negara itu, yang lokasinya berdekatan dengan Sungai Kuning di Mongolia Dalam, untuk meratakan tanah guna membangun sabuk fotovoltaik sepanjang 400 km. Tanaman hijau diharapkan dapat tumbuh di bawah fasilitas energi surya tersebut.

Pendekatan inovatif ini telah diadopsi secara luas di China bagian utara dan barat, mencapai pembangunan terpadu antara restorasi ekologi dan pengembangan energi.

Chen Yongquan, wakil direktur di Biro Kehutanan dan Padang Rumput Mongolia Dalam, mengatakan bahwa daerah tersebut akan berusaha mengurangi jumlah pasir yang terkikis dan terbawa ke Sungai Kuning serta melakukan konservasi dan restorasi terpadu untuk gunung, air, hutan, lahan pertanian, danau, dan padang rumput.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024