Jakarta (ANTARA) - Pembalap Williams Alex Albon akan menggunakan mobil rekan setimnya Logan Sargeant selama Grand Prix Australia akhir pekan ini karena mereka tidak membawa sasis pengganti imbas kecelakaan pada sesi latihan bebas pada Jumat.

Mobil yang dikemudikan Albon rusak parah setelah menabrak tembok lintasan kemudian memantul dan menabrak sisi tembok lainnya jelang akhir sesi latihan pertama di Albert Park Melbourne.

Pembalap berdarah Inggris dan Thailand itu tidak cedera namun tidak bisa mengikuti sesi kedua karena mobil itu rusak parah pada bagian sasis, sementara tim Williams tidak membawa sasis atau komponen pengganti ke Australia.

Baca juga: Williams bawa desain dan tekad baru untuk hadapi F1 2024

Kepala tim Williams, James Vowles menjelaskan, Logan Sargeant tidak akan membalap karena mobilnya akan dipakai Albon. Ia menilai, Albon lebih berpeluang mencetak poin pada balapan yang digelar di Melbourne Grand Prix Circuit pada Minggu (24/3).

"Jadi kami mengambil keputusan berdasarkan potensi terbaik kami untuk mencetak poin akhir pekan ini," kata James Vowles sebagaimana diwartakan AFP, Jumat.

Logan Sargeant yang tidak melakukan kesalahan selama sesi latihan pun mengaku ikhlas jika mobilnya dipakai oleh Albon.

Baca juga: Logan Sargeant perpanjang kontrak bersama Williams untuk 2024

"Bagaimanapun, saya sepenuhnya di sini untuk tim dan akan terus berkontribusi dengan cara apa pun yang bisa saya lakukan pada akhir pekan ini untuk memaksimalkan peluang tim kami,” kata pembalap asal AS itu.

Adapun Albon yang mencetak 27 dari 28 poin tim pada musim lalu mengapresiasi Logan Sargeant yang mengedepankan kepentingan tim.

"Logan selalu menjadi sosok profesional dan anggota tim yang sempurna sejak hari pertama, dan ini tidak akan menjadi hal yang mudah untuk dia jalani," kata Albon.

Baca juga: Williams pertahankan Albon dengan kontrak jangka panjang
Baca juga: Albon optimistis Williams lebih baik tapi lonjakan performa soal lain

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024