Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara mengusulkan pembangunan tanggul dan turap sebagai upaya mencegah rob dan banjir dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2024. 

"Pembangunan tanggul pengaman pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) sebagai upaya penanggulangan banjir rob di pesisir Utara Jakarta," kata Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim di Jakarta, Jumat.

Kemudian pembangunan turap Kali Cakung Lama (KCL) Pegangsaan Dua yang merupakan upaya penanggulangan banjir di Kelapa Gading dan Cilincing.

Selanjutnya, perbaikan jalan di sepanjang Jalan Akses Marunda untuk mendukung aktivitas perekonomian.

Setelah itu beberapa Puskesmas di kecamatan perlu adanya perluasan ruang untuk mengakomodasi layanan seperti ruang bersalin, ruang laboratorium, ruang penyimpanan obat dan lahan parkir.

Baca juga: Jakbar operasikan ratusan pompa untuk atasi banjir setelah laut surut
Baca juga: Musrenbang Jakarta Timur hasilkan 2.465 usulan masyarakat


Ali mengatakan, Musrenbang Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan yang digelar pada 26 Februari-7 Maret 2024 telah menghasilkan 50 usulan yang diakomodir dapat dikerjakan di tahun 2024.

Setelah itu sebanyak 919 usulan yang diakomodir pada Rencana Kerja Tahun 2025 dan dua usulan yang diakomodir pada Rencana Kerja Tahun 2026.

Kemudian ada 210 usulan yang belum dapat diakomodir karena belum menjadi prioritas wilayah dan akan masuk dalam Bank Data Musrenbang Tahun 2025.

"Selain itu terdapat 705 usulan yang memerlukan penyesuaian kebutuhan sebagaimana hasil rekomendasi Tim Teknis UKPD dan tujuh usulan yang mengalami duplikasi," kata dia.
Baca juga: Banjir landa Stasiun Rawa Buaya
Baca juga: Sekitar 50 warga Semper Barat masih bertahan di rumah yang kebanjiran

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024