Jakarta (ANTARA) - Lima berita ekonomi yang dipublikasi pada Jumat (22/3) masih menarik untuk dibaca pada hari ini,, Sabtu. Mulai dari soal rekrutmen bersama BUMN, pelaporan surat pemberitahuan (SPT) pajak, keuntungan penjualan surat utang negara, perpanjangan izin tambang PT Vale, serta peningkatan likuiditas ekonomi atau peredaran uang di tanah air.

  Berikut ikhtisar beritanya:

  Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN dibuka mulai besok

  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) mulai 23 Maret 2024 atau hari ini.

  Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bhatara mengatakan, RBB telah diselenggarakan beberapa kali dalam 3 tahun dan mendapat respon yang luar biasa.

  Baca berita selengkapnya

  Menkeu catat pelaporan SPT 2023 meningkat 7,7 persen dari SPT 2022

  Menteri Keuangan Sri Mulyani mencatat pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun Pajak 2023 meningkat dibandingkan pada tahun pajak 2022.

  Menkeu merinci hingga Kamis (21/3) malam, sudah 9.601.041 SPT Wajib Pajak Orang Pribadi yang masuk data Ditjen Pajak atau meningkat 7,7 persen atau 686.980 SPT jika dibandingkan hari yang sama pada tahun 2023 sebanyak 8.914.061 SPT.

  Baca berita selengkapnya

  Pemerintah serap Rp2,47 triliun dari lelang pembelian kembali SUN

  Pemerintah menyerap Rp2,47 triliun dari lelang pembelian kembali Surat Utang Negara (SUN) dengan cara penukaran (debt switch) melalui mekanisme many to many dan menggunakan fasilitas MOFiDS (Ministry of Finance Dealing System) trading platform pada Kamis (21/3).

  Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan mengungkapkan jumlah penawaran yang disampaikan oleh peserta lelang sebesar Rp4,43 triliun.

  Adapun jumlah seri yang ditawarkan peserta lelang sebanyak 13 seri obligasi negara dari 14 seri obligasi negara yang ditawarkan pemerintah.

  Baca berita selengkapnya

  Menteri ESDM sebut izin tambang PT Vale diperpanjang 20 tahun

  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan proses perpanjangan kontrak karya (KK) PT Vale Indonesia menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK) sudah selesai, dengan perpanjangan kontrak selama 20 tahun.

  “Kira-kira (20 tahun). Kan MIND ID sudah paling besar di situ,” ujar Arifin Tasrif di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat.

  Baca berita selengkapnya

  BI: Likuiditas perekonomian tumbuh 5,3 persen capai Rp8.739,6 triliun

  Bank Indonesia (BI) melaporkan likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada Februari 2024 tumbuh 5,3 persen secara year on year (yoy) mencapai Rp8.739,6 triliun.

  "Posisi M2 pada Februari 2024 tercatat sebesar Rp8.739,6 triliun atau tumbuh 5,3 persen (yoy), relatif stabil dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya 5,4 persen (yoy)," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Jumat.

  Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024