Jakarta (ANTARA) - Kreator komik Faza Meonk & Mice Misrad resmi meluncurkan buku kolaborasi terbaru mereka berjudul “Proposal dari Rakyat” yang membahas kehidupan serta kritik sosial-politik untuk presiden terpilih di Indonesia dari sudut pandang generasi muda.

“Awalnya gue bikin sketsanya, Bang Mice lanjutin gambarnya dan gue juga demikian. Kalau sudah sesi kita masing-masing dalam buku ini, kita mengerjakannya masing-masing,” kata Faza Meonk saat ditemui di Mbloc Space, Jakarta Selatan, Sabtu.

“Proposal dari Rakyat” adalah sebuah komik kolaborasi dari dua karakter komik yang frontal (nyablak) dan jenaka, yakni Si Juki dari kreator Faza Meonk dan Mice dari kreator Mice Misrad.

Baca juga: A-Z serial animasi baru "Si Juki Anak Kosan"

Baca juga: "Si Juki Anak Kosan" seri animasi Indonesia pertama di Disney+ Hotstar


Melalui buku ini, Faza Meonk dan Mice Misrad membahas dinamika politik dan kritik sosial dari perspektif tokoh Juki dan Mice dengan cara yang berbeda dan menghibur. Mereka pun menggambarkannya melalui karakter ikonik Si Juki dan Mice di buku kolaborasi terbaru “Proposal dari Rakyat”.

Sebagai dua karakter yang kritis dan nyeleneh, Si Juki dan Mice memiliki ide untuk memberikan solusi-solusi untuk kehidupan rakyat yang lebih baik dengan membuat proposal dari rakyat untuk presiden baru yang terpilih. Namun, apakah proposal ini berisi solusi untuk rakyat atau buat proyek pribadi Si Juki?

Meskipun sarat akan sindiran halus yang dibalut dengan komedi khas karakter Juki dan Mice, Faza dan Mice tidak terlalu khawatir dengan tindakan represif yang mungkin saja dilakukan pihak terkait. Mereka pun optimis, melalui buku ini generasi muda dapat lebih “melek” terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah saat ini maupun di masa mendatang.

“Pemerintah sekarang tidak bodoh-bodoh amat, yang paling gue takutkan justru kekacauan dari dalam,” kata Mice.

“Semoga yang baca terhibur dan yang di ‘atas-atas’ juga bisa terhibur dengan buku ini,” tutup Faza.

Sementara itu, buku “Proposal dari Rakyat” akan tersebar di toko buku seluruh Indonesia pada April 2024. Buku setebal 140 halaman ini dibanderol dengan harga Rp88 ribu dari penerbit Bukune dan informasi lebih lanjut kunjungi laman media sosial penulis dan penerbit “Proposal dari Rakyat”.

Baca juga: Komik "Si Juki" yang terbit di London hadir dalam Bahasa Indonesia

Baca juga: Ada menu spesial Si Juki di Warkop NYC, AS

Baca juga: Jukiverse NFT Exhibition hadir di Sarinah dan metaverse


Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024