Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini
Meulaboh (ANTARA) - Dua unit armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang melanda rumah bilik santri di Pondok Pesantren Serambi Mekkah di Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu sore sekira pukul 15.38 WIB.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Jamal Mirda kepada ANTARA di Meulaboh, Sabtu malam.

Ia mengatakan penyebab musibah kebakaran yang melanda kompleks pesantren tradisional tersebut, sejauh ini belum diketahui secara pasti karena masih berada dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Terhadap jumlah bilik santri yang terbakar, kata Jamal, sejauh ini juga masih dalam pendataan petugas.

Baca juga: BPBA: 10 ruang di Pesantren Gontor Aceh Besar musnah terbakar
Baca juga: Rumah pimpinan pesantren di Banda Aceh hangus terbakar


Jamal mengatakan musibah kebakaran yang terjadi saat warga sedang berpuasa tersebut, membuat warga di pesantren kaget karena musibah tersebut terjadi pada sore hari.

Pihaknya kemudian mengerahkan 12 orang personel dan dua armada pemadam kebakaran, untuk melakukan pemadaman di lokasi kejadian.

“Api baru dapat kami padamkan sepenuhnya sekitar satu jam setelah terjadi kebakaran,” katanya menambahkan.

Hingga kini, pihaknya masih terus berupaya melakukan pendataan guna memastikan jumlah kerugian yang ditimbulkan akibat bencana kebakaran di pesantren, demikian Jamal.

Baca juga: Delapan santri meninggal akibat kebakaran Pesantren Miftahul Khoirot
Baca juga: Polres Karawang periksa 5 saksi dan olah TKP kebakaran pesantren
Baca juga: Bangunan Pesantren Siliwangi Garut terbakar

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024