Banda Aceh (ANTARA) - Tim gabungan yang terdiri atas Satgas SAR, Basarnas Meulaboh, Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten, TNI/Polri, PMI, dan masyarakat telah mengevakuasi tiga mayat yang diduga etnis Rohingya ke TPI Panton Makmur, Calang, Aceh Jaya.

“Kita berhasil evakuasi tiga mayat diduga etnis Rohingya. Lokasi penemuan mayat sekitar tiga mil dari Pantai Lhok Rigaih,” kata Komandan Operasi Satgas SAR Aceh Jaya Mirza di Aceh Jaya, Sabtu.

Tim Satgas SAR bersama para nelayan Aceh Jaya mengaku kesulitan mengevakuasi mayat diduga warga Rohingya yang mengapung di perairan Rigaih karena sudah dalam kondisi membusuk ditambah tim kekurangan alat.

Proses evakuasi baru dapat dilakukan setelah adanya bantuan dari SAR Aceh Barat serta pihak terkait lainnya.

Baca juga: Jaringan penyelundupan Rohingya ke Aceh tersebar di 3 provinsi

Ia menjelaskan dari tiga mayat tersebut, dua orang berjenis kelamin perempuan dan satu laki-laki, semua sudah dievakuasi ke daratan melalui TPI Calang. Mayat ditemukan dalam kondisi utuh dan masih memiliki pakaian, hanya saja sudah mengembung.

Menurut informasi dari nelayan, kata Mirza, masih ada beberapa mayat etnis Rohingya lainnya yang terombang-ambing di perairan laut Aceh Jaya.

Diduga sebagian mayat lainnya sudah hanyut ke arah barat dan di seputaran Calang. Sementara yang sudah dievakuasi sempat dibawa ke RSUD Teuku Umar Calang.

“Kita akan turun kembali melakukan penyisiran kawasan laut Calang guna melakukan pencarian terhadap korban lainnya yang masih terapung di laut,” kata Mirza.

Pada Kamis (20/3), puluhan pengungsi Rohingya ditemukan terombang-ambing di perairan Aceh Barat setelah kapal mereka terbalik, dan hanya 75 orang yang selamat dan dievakuasi ke daratan.

Baca juga: Mahfud : Ada dugaan TPPO soal pengungsi Rohingnya ke Indonesia
Baca juga: Menko PMK minta otoritas Aceh terima pengungsi Rohingnya
Baca juga: 21 warga etnis Rohingnya terdampar di Pantai Aceh Barat Daya

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024