Jakarta (ANTARA) - Pembalap Toprak Razgatlioglu mengklaim kemenangan perdananya bersama tim barunya, ROKiT BMW Motorrad, pada Race 1 World Superbike (WSBK) Catalunya, Sabtu (23/3).

Setelah memecahkan rekor lap di sesi Superpole, mengincar podium pada Race 1 di Circuit de Barcelona-Catalunya. Pembalap Turki itu bangkit dari ketertinggalan untuk mengklaim kemenangan yang sekaligus menandai kesuksesan pertama BMW sejak tahun 2021.

“Saya sangat senang. Setiap hari tim telah melakukan pekerjaan luar biasa dan mereka telah bekerja sangat keras. Penting bagi saya untuk menang di sirkuit ini karena saya belum pernah menang di sini. Ini merupakan impian saya untuk menang di Catalunya dan hal ini pun rasanya sulit dipercaya,” kata Toprak, dikutip dari keterangan resmi WSBK, Minggu.

Toprak finis sebagai yang tercepat, mendahului duo Aruba.It Ducati Nicolo Bulega dan Alvaro Bautista, yang masing-masing finis di posisi dua dan tiga, dengan margin 0,868 detik dan 5,338 detik.

Baca juga: Bulega catatkan kemenangan pada debut WSBK di Australia

Bulega mengaku balapan panjang pertamanya ini merupakan balapan yang sangat sulit. Meskipun ia sempat mendominasi jalannya pertandingan, Bulega mengatakan Toprak tampil lebih solid dan cepat, sehingga keluar sebagai juara.

“Toprak sangat cepat, dan waktu putarannya lebih baik dari saya. Mungkin, saya terlalu memaksakan diri di awal balapan untuk menyalip para pembalap. Dari sini, saya belajar sesuatu dan saya akan lebih siap di balapan berikutnya,” kata Bulega.

Sependapat, juara bertahan Bautista mengatakan Sirkuit Catalunya memang merupakan trek yang rumit, dan pembalap memerlukan keahlian serta strategi yang tepat dalam segi pengaturan teknis dan ban.

“Balapan di sini tidak pernah mudah karena trek ini sangat rumit… Saya berusaha tetap tenang dan mengatur (penggunaan) ban sebaik mungkin,” ujar Bautista.

Di sisi lain, Andrea Iannone (Tim GoEleven) terus tampil impresif sebagai rookie dengan finis di posisi keempat pada Race 1 WSBK Catalunya.

Sementara, daftar enam besar diisi oleh Andrea Locatelli (Pata Prometeon Yamaha) dan Alex Lowes (Kawasaki Racing Team).

Baca juga: WSBK umumkan 23 pembalap untuk musim 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024