Jakarta (ANTARA) - Setelah jeda musim panas, ajang balap motor World Superbike (WSBK) kembali memulai paruh kedua musim 2023 di WSBK Prancis yang diadakan di Sirkuit Nevers Magny-Cours, akhir pekan ini.

Sirkuit Magny-Cours memulai debutnya di kalender WSBK pada 1991 selama satu tahun, namun kehadirannya baru konsisten sejak 2003. Pembalap Prancis terkenal seperti Regis Laconi dan Raymond Roche telah berpartisipasi di WSBK dan Roche mengamankan gelar tersebut pada 1990.

Lintasan ini telah merangkum momen bersejarah sejak awal, termasuk saat Max Biaggi mengamankan gelar keduanya dengan hanya unggul setengah poin dari Tom Sykes dan saat Sylvain Guintoli meraih kemenangan Prancis pertama di WSBK di Magny-Cours pada 2012.

Salah satu pembalap musim ini, Jonathan Rea (Kawasaki Racing), merupakan pembalap tersukses di Magny-Cours. Ia membukukan sembilan kemenangan di sirkuit tersebut, sementara Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Prometeon) mengoleksi enam kemenangan di Prancis.

Sirkuit Nevers Magny-Cours
Panjang lintasan: 4,411 km
Pemenang WSBK Prancis 2022: Alvaro Bautista - Ducati (Race 1), Toprak Razgatlioglu - Yamaha (Race 2)
Pole position 2022: Jonathan Rea (Kawasaki, 1’36.124)

Baca juga: Nicolo Bulega debut WSBK, gantikan posisi Rinaldi di Ducati

Pemimpin klasemen sementara musim ini, Alvaro Bautista, kini hanya terpaut dua kemenangan lagi untuk menyamai rekor Troy Bayliss dengan 52 kemenangan sepanjang masa.

Di belakang Bautista pada klasemen adalah Razgatlioglu dengan 353 poin, terpaut 74 poin darinya. Dengan rekam jejak yang sukses di Magny-Cours, termasuk dua kemenangan, pembalap Turki itu siap untuk kembali meraih kemenangan dan mempersempit selisih poin.

Selanjutnya adalah Rea yang dinilai selalu konsisten, dengan memegang 251 poin. Juara dunia enam kali itu tetap menjadi pesaing yang tangguh, dengan sembilan kemenangan di Magny-Cours yang merupakan kemenangan terbanyak dibandingkan pembalap manapun.

Andrea Locatelli (Pata Yamaha Prometeon) berdiri kokoh dengan 227 poin, berusaha meningkatkan jumlah podiumnya. Sementara, Axel Bassani (Motocorsa Racing) dan Michael Ruben Rinaldi (Aruba.It Ducati) mempertahankan posisi mereka dan bertekad memberikan kejutan.

Baca juga: Rinaldi akhiri perjalanan bersama Aruba.It Ducati di akhir 2023
Baca juga: Rea tinggalkan Kawasaki dan isi kursi Toprak di Pata Yamaha

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023