Beijing (ANTARA) - China meluncurkan daftar negatif untuk perdagangan jasa lintas perbatasan versi nasional dan zona perdagangan bebas (free trade zone/FTZ) percontohan guna meningkatkan keterbukaan, demikian diumumkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) China pada Jumat (22/3).

Ini kali pertama China merumuskan daftar negatif untuk perdagangan jasa lintas perbatasan di level nasional, menurut Kemendag China. Daftar tingkat nasional terdiri dari 71 produk.

Daftar negatif untuk perdagangan jasa lintas perbatasan versi FTZ percontohan berisi total 68 produk, dan mencakup bidang-bidang termasuk kualifikasi pekerjaan orang perseorangan, jasa profesional, keuangan dan budaya, kata pihak kementerian.

Langkah tersebut menjadi langkah penting China untuk menyelaraskan diri dengan peraturan ekonomi dan perdagangan internasional yang berstandar tinggi serta mendorong keterbukaan institusional.

Sebelumnya, China telah merilis daftar negatif untuk perdagangan jasa pertamanya di Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan pada Juli 2021, yang menetapkan bahwa penyedia jasa domestik dan luar negeri harus menikmati akses yang sama di sektor-sektor yang tidak termasuk dalam daftar ini, kata Juru Bicara Kemendag China He Yadong dalam konferensi pers pada November lalu.

Daftar negatif versi nasional menyusun dan merangkum berbagai langkah untuk memasuki pasar di berbagai sektor, dengan menekankan bahwa jasa dan pihak penyedianya di sektor-sektor yang tidak termasuk dalam daftar tersebut akan diperlakukan secara setara, baik di dalam maupun di luar negeri, menurut kementerian tersebut.

Daftar tersebut diharapkan dapat secara efektif meningkatkan transparansi dan prediktabilitas dalam pengelolaan perdagangan jasa lintas perbatasan negara itu.

Daftar negatif versi FTZ percontohan menetapkan langkah-langkah untuk meringankan pembatasan kualifikasi vokasional.

Daftar negatif ini mengizinkan warga asing untuk mengikuti ujian untuk menjadi tenaga perencana perkotaan dan pedesaan yang terdaftar, tenaga penilai real estat, juru lelang, insinyur pengawasan, dokter hewan, serta insinyur survei dan desain.

Di sektor keuangan, daftar negatif versi FTZ percontohan menerangkan bahwa langkah-langkah keterbukaan yang diterapkan di Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan akan direplikasi di seluruh FTZ percontohan.

Zona-zona ini akan, misalnya, memungkinkan individu asing yang memenuhi syarat untuk membuka rekening sekuritas dan berjangka.

Daftar negatif versi FTZ percontohan mengizinkan orang asing dan perusahaan yang didirikan di luar negeri untuk berpartisipasi dalam proses perizinan bea cukai.

Hal ini juga mengurangi persyaratan minimum untuk proporsi staf China yang bekerja di serial televisi yang diproduksi bersama oleh perusahaan China dan asing.

Kementerian tersebut menekankan bahwa mereka mengharapkan pemberlakuan dua daftar negatif ini akan meningkatkan keselarasan China dengan peraturan perdagangan internasional berstandar tinggi, sehingga mempercepat kemajuan negara dalam mereformasi mekanisme manajemen perdagangan jasa lintas perbatasan.

Pemberlakuan daftar ini juga akan memajukan keterbukaan tingkat tinggi negara itu, memberikan peluang baru bagi kerja sama global, sebut Kemendag China.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024