Jakarta (ANTARA) - Satgas Operasi Trisila TNI Angkatan Laut (AL) Tahun 2024 mengenalkan kembali dunia kebaharian dengan menggelar open ship di KRI Teluk Celukan Bawang-532 yang sandar di Dermaga C Pelindo, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Riau, Sabtu (23/3).

Berdasarkan siaran pers Dinas Penerangan TNI AL diterima di Jakarta, Minggu, open ship itu diikuti oleh 57 pelajar yang terdiri atas SMK Perikanan Dumai, SMK Pelayaran Dumai, dan Politeknik Perikanan Dumai.

Peserta disambut langsung oleh Komandan KRI Teluk Celukan Bawang-532 Letkol Laut (P) M. Lukman serta Paspotmar Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Efendi Samosir.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan bahwa selain untuk menjaga keutuhan laut nusantara, prajurit Jalasena juga harus bisa membina potensi maritim di setiap daerah di Indonesia.

TNI AL menjadikan open ship ini sebagai wahana mengenalkan dunia bahari dan alat utama sistem senjata (alutsista) kepada masyarakat, khususnya kepada lembaga pendidikan.

Di samping itu, dia berharap open ship bisa memberikan pengetahuan sekaligus pengalaman kepada peserta didik tentang segala hal yang ada di Kapal Perang Republik Indonesia.

Satgas Trisila Tahun 2024 dipimpin oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Trisila Laksamana Pertama Tony Hardijanto.

Tony sehari-hari berdinas sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I.

Keberangkatan Satgas Trisila Tahun 2024 dilepas oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI di Jakarta pada awal Maret 2024.

Adapun personel yang terlibat sebanyak 577 prajurit, sebanyak 100 prajurit di antaranya berasal dari Korps Marinir TNI AL.

Satgas Trisila 2024 bertugas menegakkan hukum dan menjamin keamanan, membina kemampuan unsur-unsur sistem senjata armada terpadu (SSAT), serta membina potensi maritim di pangkalan yang akan disinggahi.

Baca juga: TNI AL sediakan dapur umum untuk korban banjir Demak
Baca juga: 90 hari digembleng, 504 prajurit resmi perkuat Korps Marinir TNI AL

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024