Semarang (ANTARA) - Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meneliti keanekaragaman hayati di sekitar Palung Jawa untuk mengeksplorasi kekayaan biodiversitas laut dalam di perairan Indonesia tersebut.

Salah seorang peneliti BRIN Yustian Rovi Alfiansah dalam siaran pers di Semarang, Minggu, mengatakan, penelitian yang berlangsung sejak 28 Februari hingga 22 Maret 2024 tersebut dilakukan oleh empat peneliti Indonesia bersama sejumlah peneliti asal Tiongkok.

Ia menuturkan penelitian pada zona hadal Palung Jawa Tengah yang meliputi perairan sepanjang 3 200 km, mulai dari wilayah Sumatera bagian selatan hingga Nusa Tenggara.

Menurut dia, ekspedisi tersebut dilakukan oleh Direktorat Pengelolaan Armada Kapal Riset dan BRIN yang bekerja sama dengan Institute for Deep Sea Research and Engineering (IDSSE), Chinese Academy of Sciences (CAS).

Baca juga: BRIN teliti persilangan tanaman kopi adaptif pemanasan global

Ia menambahkan ekspedisi tersebut menggunakan kapal riset Tan Suo Yi Hao dan wahana kapal selam riset Fendouzhe.

"Riset ini bertujuan untuk mengeksplorasi kekayaan biodiversitas laut dalam yang memberi kemanfaatan bagi Indonesia dan untuk mendapat informasi baru mengenai keunikan geologi, biologi dan lingkungan dari zona subduksi Sunda, serta potensi dampaknya pada ekosistem hadal di Palung Jawa," katanya.

Dari ekspedisi tersebut, lanjut dia, diperoleh sejumlah sampel berupa tiga ekor teripang, enam sediment core, dan enam bongkahan batu.

"Tugas lebih menantang selanjutnya yakni melakukan analisis lebih lanjut terhadap sampel yang diperoleh, menyimpan dan menjaganya, mengolah data, dan mendiseminasikan kepada publik," katanya.


Baca juga: Menpan RB dukung BRIN kembangkan talenta unggul RI

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024