Mulai dari sarana prasarana negara/daerah seperti jalan, jembatan, sekolah, puskesmas, fasilitas air minum, juga harta benda masyarakat, rumah, ternak, lahan pertanian, tambak
Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat mengungkapkan kerugian akibat banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Pesisir Selatan pada 7 Maret 2024 diperkirakan mencapai Rp1 triliun.

Kepala Ex officio Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Pesisir Selatan Mawardi Roska di Painan Minggu menyebutkan, berdasarkan data yang sudah masuk dan dianalisis, jumlah kerugian aset daerah maupun harta benda milik masyarakat diperkirakan mencapai Rp1 triliun.

Ia mengatakan hal itu saat rapat evaluasi tanggap darurat tahap I dan langkah-langkah kegiatan untuk masa tanggap darurat tahap II di Painan.

"Mulai dari sarana prasarana negara/daerah seperti jalan, jembatan, sekolah, puskesmas, fasilitas air minum, juga harta benda masyarakat, rumah, ternak, lahan pertanian, tambak, kerugian mencapai angka Rp1 triliun," katanya.

Menurut Mawardi yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan itu, pendataan masih terus dilakukan dan secara bertahap disampaikan kepada pemerintah.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar juga menyebutkan, terkait perpanjangan masa tanggap darurat kembali diperpanjang karena fakta di lapangan bahwa para korban masih butuh penanganan.

"Masih ada empat orang lagi yang masih hilang, rumah-rumah penduduk yang belum bisa didiami karena material atau sedimen banjir masih belum tertangani dan proses pendataan yang terus dilakukan," katanya.

Menurutnya, perpanjangan masa tanggap darurat sehingga proses rehabilitasi dan rekonstruksi dapat dilakukan dengan segala sumberdaya yang ada.

Kerugian terbesar di antaranya 537 rumah rusak berat, 2.749 rusak sedang, dan 7.048 rusak ringan. Sementara ribuan ternak mati, sapi 666 ekor, deapan ekor kerbau, 357 ekor kambing, 36.527 ekor ayam, dan 19.210 ekor itik.

Rapat tersebut ikut dihadiri Kapolres Pesisir Selatan, Dandim 0311, Asisten dan para kepala OPD, camat se-Pesisir Selatan, juga dihadiri oleh Basarnas, serta PMI.*

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024