Sochi, Rusia (ANTARA) - Indonesia akan turut berpartisipasi dalam Forum Internasional ATOMEXPO, yang merupakan pameran dan platform bisnis terbesar untuk membahas perkembangan industri nuklir secara global.

Kehadiran Indonesia dalam forum yang diselenggarakan oleh perusahaan energi nuklir Rusia (Rosatom) itu akan diwakili oleh delegasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) RI.

Berdasarkan agenda kegiatan yang diterima ANTARA, Minggu, perwakilan dari BRIN akan berbicara dalam diskusi terkait perkembangan teknologi reaktor Generasi IV sebagai bagian integral dari sistem tenaga siklus bahan bakar nuklir tertutup.

“Reaktor Generasi IV mampu mengubah industri tenaga nuklir secara mendasar, terutama melalui tingkat keselamatan baru, perluasan jangkauan bahan bakar, dan pengurangan limbah radioaktif secara signifikan,” demikian keterangan tertulis dari situs resmi Rosatom.

ATOMEXPO akan digelar di kota resor Sochi, Rusia, pada 25-26 Maret 2024 dengan mengangkat tema “Energi Bersih: Menciptakan Masa Depan Bersama”, guna mendukung upaya setiap negara dalam memerangi perubahan iklim dengan memanfaatkan tenaga nuklir.

Forum ini akan menyatukan berbagai lembaga pemerintah, perusahaan industri nuklir global, organisasi publik, serta pakar internasional.

Perwakilan Khusus Presiden Rusia bidang Digital dan Teknologi Dmitry Peskov, Direktur Jenderal Rosatom Alexey Likhachev, Kepala Departemen Energi Nuklir Badan Tenaga Atom Internasional Mikhail Chudakov, Direktur Jenderal Institut Energi Atom China Hongyi Yang akan turut berbicara dalam ATOMEXPO 2024 tersebut.

Selain itu, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Peter Szijjarto, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki Alparslan Bayraktar, Wakil Ketua Otoritas Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Mesir Dr. Mohamed Ramadan Badawy, serta Menteri Kesehatan Serbia Danica Grujicic juga akan berpartisipasi dalam forum internasional itu.

Baca juga: Presiden Korsel janjikan proyek industri nuklir senilai Rp38,8 triliun
Baca juga: Peneliti BRIN kembangkan baja nirkarat untuk industri dan PLTN
Baca juga: BATAN: PLTN dukung sektor industri saat sumber lain mulai terbatas


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024