Nominasi pemain dan pelatih terbaik FIFA

Nominasi pemain dan pelatih terbaik FIFA

FIFA (istimewa)

Zurich (ANTARA News) - Enam pemain dari tim Bayern Munich yang meraih tiga trofi masuk dalam 23 nominasi untuk penghargaan pemain terbaik yang diumumkan FIFA pada Selasa.

Jose Mourinho termasuk dalam daftar kandidat peraih pelatih terbaik meski ia gagal memenangi trofi utama apapun bersama Real Madrid pada tahun lalu, hasil yang disebut pria Portugal itu sebagai "bencana."

Satu-satunya pemain Inggris Raya yang berada dalam daftar tersebut adalah pemain internasional Wales Gareth Bale.

Pelatih Nigeria yang membawa timnasnya menjuarai Piala Afrika Stephen Keshi serta gelandang Manchester City merupakan para wakil Afrika di kedua kategori tersebut. Tidak ada perwakilan dari Asia atau CONCACAF.

Empat pemain internasional Jerman Manuel Neuer, Bastian Schweinsteiger, Thomas Mueller, dan Phillipp Lahm, pemain Prancis Franck Ribery dan pemain Belanda Arjen Robben merupakan pemain-pemain Bayern yang berada dalam daftar kandidat.

Para pemain lain yang bergabung dengan kontingen Bayern adalah sejumlah pemain yang kerap menjadi favorit seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Cristiano Ronaldo.

Mantan pelatih Bayern Jupp Heynckes, yang kemudian digantikan oleh Pep Guardiola, berada dalam daftar kandidat peraih penghargaan setelah sukses memimpin timnya menjuarai Liga Jerman, Piala Jerman, dan Liga Champions dalam musim yang sama.

Tidak masuknya penyerang Bayern asal kroasia Mario Mandzukic merupakan suatu kejutan, di mana banyak pengamat menilai ia telah membuat perbedaan antara musim lalu dan 2011/2012, saat Bayern hanya menjadi runner up di ketiga kompetisi yang diikutinya.

Pelatih Brazil Luiz Felipe Scolari, yang timnya menjadi tuan rumah sekaligus menjuarai Piala Konfederasi pada Juni, merupakan satu-satunya pelatih asal Amerika Selatan yang masuk daftar kandidat.

Radamel Falcao, Edinson Cavani, Luis Suarez, Neymar, dan Thiago Silva merupakan para nominasi asal Amerika Selatan untuk penghargaan pemain terbaik, bersama Messi. Keenam pemain itu berkompetisi di Eropa.

Meski sejumlah pelatih yang masuk daftar nominasi gagal memenangi trofi utama pada musim lalu, masuknya Mourinho dalam daftar ini merupakan kejutan terbesar saat hasil-hasil yang didapat timnya sangat jauh dari harapan-harapan Real Madrid.

Mereka menyelesaikan musim lalu dengan tertinggal 15 angka dari Barcelona di Liga Spanyol, kalah dari tim sekota Atletico Madrid di final Piala Raja, dan ditundukkan Borussia Dortmund di semifinal Liga Champions.

Pelatih Atletico asal Argentina Diego Simeone tidak masuk dalam daftar kandidat.

"Daftar 23 kandidat putra yang dipilih oleh para ahli sepak bola dari komite sepak bola FIFA dan sekelompok ahli dari France Football," demikian pernyataan FIFA dikutip Reuters.

Di situ tertulis bahwa keputusan-keputusan final akan dibuat oleh para kapten dan pelatih tim nasional serta perwakilan media internasional yang dipilih oleh majalah France Football. upacara pemberian penghargaan akan berlangsung di Zurich pada 13 Januari.

Daftar kandidat peraih penghargaan pemain terbaik: Gareth Bale (Wales) Edinson Cavani (Uruguay) Radamel Falcao (Kolombia) Eden Hazard (Belgia) Zlatan Ibrahimovic (Swedia) Andres Iniesta (Spanyol) Philipp Lahm (Jerman) Robert Lewandowski (Polandia) Lionel Messi (Argentina) Thomas Mueller (Jerman) Manuel Neuer (Jerman) Neymar (Brazil) Mesut Ozil (Jerman) Andrea Pirlo (Italia) Franck Ribery (Prancis) Arjen Robben (Belanda) Cristiano Ronaldo (Portugal) Bastian Schweinsteiger (Jerman) Luis Suarez (Uruguay) Thiago Silva (Brazil) Yaya Toure (Pantai Gading) Robin Van Persie (Belanda) Xavi (Spanyol)

Daftar kandidat peraih penghargaan pelatih terbaik: Carlo Ancelotti (Italia/Paris Saint-Germain FC/Real Madrid) Rafael Benítez (Spanyol/Chelsea/Napoli) Antonio Conte (Italia/Juventus) Vicente Del Bosque (Spayoln) Alex Ferguson (Skotlandia/mantan pelatih Manchester United) Jupp Heynckes (Jerman/mantan pelatih Bayern Munich) Juergen Klopp (Jerman/Borussia Dortmund) Jose Mourinho (Portugal/Real Madrid/Chelsea) Luiz Felipe Scolari (Brazil/Tim nasional Brazil) Arsene Wenger (Prancis/Arsenal)
(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Desa di Pekalongan ubah lahan tidak produktif jadi lapangan bola standar FIFA

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar