Secara umum kilang di PT KPI tengah beroperasi secara optimal. Produksi dari seluruh kilang mencapai 1.100.000 barel per hari.
Indramayu (ANTARA) -
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) VI Balongan memastikan produksi bahan bakar minyak (BBM) pada seluruh kilang di wilayah kerjanya dapat memenuhi kebutuhan selama masa libur Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.
 
Direktur Utama PT KPI Taufik Aditiyawarman dalam keterangannya, di Indramayu, Jawa Barat, Senin, mengatakan kesiapan itu telah dibahas secara komprehensif dalam rapat koordinasi Management Walkthrough (MWT) bersama jajaran direksi holding dan subholding, di RU VI Balongan.

Menurut dia, secara umum produksi di seluruh kilang milik PT KPI berjalan optimal, sehingga diestimasikan dapat memasok kebutuhan BBM selama Lebaran nanti.

“Secara umum kilang di PT KPI tengah beroperasi secara optimal. Produksi dari seluruh kilang mencapai 1.100.000 barel per hari,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya pun telah membentuk satuan tugas (satgas) khusus yang menjamin kelancaran dalam pemenuhan kebutuhan BBM bagi masyarakat. “Tim Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024 ini sudah bertugas, serta akan siaga hingga H+14 Lebaran," ujarnya pula.
 
General Manager PT KPI RU VI Balongan Sugeng Firmanto menyampaikan bahwa koordinasi dengan unit bisnis Pertamina di Balongan serta otoritas lainnya terus dijaga, agar kegiatan produksi maupun penyaluran BBM berjalan maksimal.
 
Ia menyebut koordinasi juga dilakukan pada aspek keamanan, dengan melibatkan tenaga pengaman internal serta aparat kepolisian dan TNI di wilayah setempat.
 
“Untuk menjaga kelancaran kegiatan operasi selama masa RAFI 2024, mulai level supervisor di tingkat operasional sampai manager akan kami standby-kan untuk tetap bekerja,” kata dia pula.
 
Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini menambahkan PT KPI RU VI Balongan perlu memperhatikan aspek common symptom atas lesson learn suatu insiden dengan menjamin kesiapan kamera CCTV serta pergantian manpower yang sesuai.
 
Emma mengatakan hal tersebut harus diterapkan karena diprediksi selama musim libur kali ini, akan ada peningkatan mobilisasi khususnya terkait pasokan kebutuhan BBM.
 
“Kami sangat mengapresiasi atas persiapan yang sudah dilakukan seluruh Kilang PT KPI dalam menjaga pasokan BBM,” ujar dia lagi.
Baca juga: Pertamina Kilang Balongan jamin stok BBM aman dan cukup selama Lebaran
Baca juga: Kilang Pertamina Balongan bantu 25.000 liter air atasi dampak kemarau

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024