Ramadhan kali ini kami merasa beruntung karena ikan betok di wilayah Keramasan ini cukup melimpah, terbukti saat kami memancing kail pasti langsung disergap ikan
Palembang (ANTARA) -
Sejumlah warga di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), menjadikan ikan betok sebagai buruan saat ngabuburit menjelang buka puasa.
 
Anak-anak hingga paruh baya berbondong-bondong memenuhi kawasan wilayah Keramasan, Palembang, untuk berburu ikan air tawar tersebut.
 
"Ramadhan kali ini kami merasa beruntung karena ikan betok di wilayah Keramasan ini cukup melimpah, terbukti saat kami memancing kail pasti langsung disergap ikan," kata Yuli seorang warga dan ibu rumah tangga.
 
Menurutnya, Ramadhan kali ini di tempatnya baru kali ini warga ramai-ramai mancing ikan betok, karena di tahun-tahun sebelumnya Ramadhan seringkali tidak musim ikan itu.

Baca juga: Kudapan khas era Kesultanan Palembang di antara sajian takjil
 
Kegiatan memancing merupakan kegiatan yang sangat positif. Oleh karena itu ia bahkan mengarahkan anak-anaknya untuk mengisi waktu luang dengan memancing menanti waktu berbuka puasa.
 
Selain itu ikan hasil memancing juga bisa dimanfaatkan menjadi makanan untuk sahur dan berbuka,  yang rasanya gurih dan nikmat. Bahkan beberapa warga ada yang mengolahnya menjadi pempek yang merupakan makanan khas Kota Palembang.
 
"Kalau lagi rajin ya bisa juga ini dibuat pempek, tapi kadang kami buat ikan asin dan pekasam untuk dijadikan lauk," katanya.
 
Hal senada dikatakan Lisa seorang warga. Menurut Lisa dibandingkan tidak ada aktivitas, lebih baik dimanfaatkan untuk memancing dan mendapatkan hasil yang bisa dimanfaatkan.

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024