Medan (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan jasa penukaran uang baru senilai Rp7,2 triliun untuk melayani kebutuhan masyarakat menjelang lebaran 2024.

"Kami menyadari bahwa permintaan uang akan meningkat di periode ini, untuk Sumut kami menyediakan Rp7,2 triliun," ujar Kepala Perwakilan BI Sumut IGP Wira Kusuma di Medan, Senin.

Wira melanjutkan pihaknya telah menyediakan berbagai nominal pecahan rupiah dengan berbagai paket penukaran layanan keliling BI.

Paket penukaran uang untuk kebutuhan Lebaran maksimal Rp4 juta tersebut dengan pecahan yakni Rp50ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp1 ribu.

"Penukaran uang hari pertama ini, kami pusatkan di Plaza Medan Fair, selain penukaran uang kami juga menyediakan di tempat ini pelayanan kesehatan, pajak dan lainnya," ucapnya.

Selain itu, BI Kantor Perwakilan Sumut juga menyediakan penukaran uang tersebut berada di Pusat Pasar, Pasar Sukaramai dan rest area tol Tebing Tinggi yang dibuka dari 25 Maret sampai 5 April 2024.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar melakukan penukaran uang di tempat yang resmi yang disediakan oleh BI," kata Wira.

Untuk penukaran uang, masyarakat dapat melakukan paket uang rupiah pada website pintar.bi.go.id serta mengikut langkah-langkah yang tersedia.


Baca juga: BI Sumut: Digitalisasi penting untuk pertumbuhan ekonomi syariah

Baca juga: BI: Perekonomian Sumut 2024 bertumbuh tapi tetap harus berjaga


 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024