Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap forum mengenai kesiapan Indonesia menuju Olimpiade 2024 Paris dapat berlanjut hingga Juli.

Dalam forum bertajuk "Menjaga Semangat Kolektif Menuju Merah Putih Berkibar" yang membahas kesiapan Indonesia menuju Olimpiade 2024 Paris, Menpora Dito menyampaikan bahwa dengan adanya forum seperti ini dapat mengeratkan hubungan antara mitra seperti KONI, KOI, Kemenpora, dan federasi cabang olahraga.

"Semoga (forum) ini terus sampai Juli, sampai Olimpiade dan ini mengeratkan hubungan antara mitra seperti KONI, KOI, dan Kemenpora dengan para atlet makin kompak dan makin bersatu," ujar Menpora Dito di Jakarta, Senin.

Menpora Dito mengatakan untuk menuju Indonesia maju secara olahraga memang harus mendapatkan dukungan emosional dan motivasi kepada para atlet.

"Pastinya ini Pak Anindya (selaku CdM) memberikan amanah paling berat karena Olimpiade adalah ajang tertinggi di dunia. Jadi memang untuk Indonesia menuju maju secara olahraga harus mendapatkan dukungan emosional dan motivasi agar target dapat tercapai," kata Menpora Dito.

Menpora Dito juga berharap pada Olimpiade 2024 Paris kontingen Indonesia mampu memberikan kejutan dengan terus mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih.

Saat ini tim Merah Putih telah mengamankan tujuh tiket menuju Olimpiade Paris. Ketujuh atlet yang telah mengantongi tiket ke Paris yaitu, Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Fathur Gustafian (menembak), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), dan Rio Waida (selancar).

Kontingen Merah Putih masih berpeluang bertambah dari sejumlah cabang olahraga (cabor) yang masih menjalani kualifikasi seperti angkat besi, atletik, renang, panjat tebing, bulu tangkis hingga panahan yang masih berlangsung hingga akhir Juni.

Baca juga: CdM Indonesia adakan forum bahas kesiapan Indonesia menuju Olimpiade
Baca juga: Ketum KONI Pusat apresiasi kesiapan Indonesia tatap Olimpiade 2024
Baca juga: Rifda ungkap persiapan menuju Olimpiade capai 80 persen

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024