Diperkirakan masyarakat yang bertransaksi melalui berbagai macam kanal pembayaran akan meningkat...
Jakarta (ANTARA) - PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) memproyeksikan, volume transaksi di seluruh kanal pembayaran akan naik lebih dari 25 persen selama periode Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2024, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji mengatakan, lonjakan transaksi tersebut diprediksi akan terjadi pada 4-16 April 2024.

"Diperkirakan masyarakat yang bertransaksi melalui berbagai macam kanal pembayaran akan meningkat, seperti ATM, debit, serta QRIS dibandingkan rata-rata harian tahun 2024," ujar Ario dalam acara Buka Bersama Media, di Jakarta, Senin.

Untuk itu, Ario meyakini bahwa keunggulan operasional perusahaan selama periode puncak Ramadhan dan Idul Fitri merupakan faktor kunci dalam memberikan layanan keuangan yang optimal.

Guna mencapai tujuan tersebut, Jalin telah mengimplementasikan Health Check System untuk memastikan sistem infrastrukturnya berada dalam kondisi terbaik dan siap menghadapi lonjakan transaksi selama libur Lebaran tahun ini.

Selain itu, Jalin juga akan menyiapkan Posko Ramadhan Idulfitri (RaFi) yang akan beroperasi selama 24 jam mulai tanggal 4-16 April 2024, dan berlokasi di Command Center Jalin.

Dukungan Jalin terhadap kelancaran dan kemudahan operasional perbankan dan fintech guna menunjang transaksi di masyarakat, merupakan kunci dalam menghadirkan layanan keuangan yang optimal di perayaan Idul Fitri 1445 H.

“Kami tidak hanya berkomitmen untuk menyediakan layanan yang andal kepada member kami, tetapi juga terus meningkatkan pengalaman pengguna dengan inovasi teknologi yang kami hadirkan,” kata Ario pula.

Menurut Ario, peningkatan itu sejalan dengan pemulihan ekonomi di Indonesia yang semakin membaik pascapandemi COVID-19.

Peningkatan jumlah pemudik juga diprediksi mencapai 193 juta orang secara nasional.

Pada momen spesial tahun ini, sektor penjualan makanan serta minuman, transportasi dan ritel diprediksi akan menjadi pendorong utama konsumsi masyarakat Indonesia selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

“Jalin, sebagai penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan telah mempersiapkan seluruh layanan operasional yang andal, baik transaksi yang menggunakan layanan digital maupun optimasi layanan ATM Link untuk menopang lonjakan transaksi member kami di sektor perbankan maupun fintech,” katanya lagi.

Adapun Jalin merupakan bagian dari Holding BUMN Danareksa.

Jalin merupakan perusahaan pengelola integrasi jaringan ATM BUMN terbesar yang tersebar di seluruh Indonesia melalui merek ATM Link.
Baca juga: PT Jalin siapkan langkah strategis hadapi dinamika transaksi keuangan
Baca juga: Jalin gandeng ShopeePay mendorong pertumbuhan ekonomi digital

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024