Kegiatan ekonomi terus berkembang pada kecepatan yang moderat,"
Washington (ANTARA News) - Bank sentral AS, Federal Reserve, pada Rabu memutuskan untuk mempertahankan program stimulusnya tak berubah seperti yang diharapkan, namun mengatakan bahwa kebijakan fiskal pemerintah menghambat perekonomian.

"Kegiatan ekonomi terus berkembang pada kecepatan yang moderat," pembuat kebijakan The Fed mengatakan pada akhir pertemuan kebijakan dua hari mereka.

Pengangguran terus menjadi "tinggi" meskipun beberapa pasar tenaga kerja tampak membaik, serta inflasi tetap rendah dan stabil.

Dalam pernyataan kebijakan terbaru 18 September, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) juga mengatakan bahwa pengeluaran rumah tangga dan investasi bisnis telah tumbuh, sedangkan pemulihan sektor perumahan telah "agak" berkurang di akhir bulan.

Tetapi pihaknya menambahkan, seperti dikatakan pada September, bahwa kebijakan pengeluaran ketat pemerintah menekan pertumbuhan.

"Kebijakan fiskal menahan pertumbuhan ekonomi," kata FOMC.

Selain mempertahankan program pembelian aset 85 miliar dolar AS per bulan, FOMC juga mempertahankan suku bunga utama "federal funds" tak berubah di kisaran 0-0,25 persen.
(Uu.A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013