Regional Jawa Bagian Barat telah menyiapkan berbagai layanan bagi masyarakat di jalur mudik baik utara maupun selatan...
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) menyiapkan 197 unit SPBU dan 1.643 agen siaga dalam rangka menjamin ketersediaan, kelancaran distribusi, dan layanan BBM dan LPG yang terbaik bagi masyarakat selama periode Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024.

"Untuk mendukung kelancaran Satgas RAFI 2024, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat menyediakan layanan tambahan berupa 197 SPBU Siaga, 1.643 agen siaga, 54 titik motorist siaga, 2 unit Serambi MyPertamina, dan 17 titik modular," ujar Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional JBB Deny Djukardi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Di samping juga, tambahnya, penyediaan layanan BBM dan LPG di wilayah Regional Jawa Bagian Barat dilakukan melalui 6 fuel terminal, 4 terminal LPG, 5 aviation fuel terminal, 1.578 SPBU, 584 Pertashop, 203 SPBE, 3 SPBE industri, 1.647 agen LPG PSO, 259 agen LPG non-PSO, dan 48.009 Pangkalan LPG PSO.

"Selain mengamankan pasokan BBM dan LPG, hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi terutama di jalur mudik dan kawasan wisata," katanya saat mendampingi Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Patra Niaga Harsono Budi Santoso beserta pengurus Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DPD III memantau kesiapan Tim Satgas RAFI Regional Jawa Bagian Barat dalam menghadapi Lebaran 2024 di Bogor, Sukabumi, Bandung, dan Tasikmalaya, pada hari pertama Satgas RAFI, Senin (25/3/2024).

Dalam kunjungannya ke titik pertama di SPBU 34.167.08 Bogor, Jawa Barat, Deny menyampaikan kesiapan Regional Jawa Bagian Barat dalam menghadapi periode Satgas RAFI 2024. Satgas RAFI Regional JBB dimulai Senin ini hingga 21 April 2024.

"Regional Jawa Bagian Barat telah menyiapkan berbagai layanan bagi masyarakat di jalur mudik baik utara maupun selatan yang meliputi penyediaan layanan BBM dan LPG yang optimal mulai dari fuel terminal hingga lembaga penyalur, pelaksanaan program promo RAFI 2024, menyediakan layanan tambahan untuk mendukung kelancaran Satgas RAFI 2024, serta menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak eksternal," ungkapnya.

Selama periode Satgas RAFI 2024, lanjutnya, Pertamina Patra Niaga Regional JBB telah mempersiapkan beberapa titik suplai SPBU, termasuk mempersiapkan mobil tangki yang siaga untuk memastikan suplai, serta menyiapkan motorist untuk mengantisipasi kondisi macet.

Sementara itu, Harsono Budi Santoso mengimbau para pemudik yang akan merayakan Idul Fitri untuk mengisi BBM secara penuh sebelum mudik atau mengidentifikasi jalur-jalur macet, sehingga bisa diantisipasi pengisian di SPBU sebelumnya.

"Kemudian, jangan lupa juga untuk yang meninggalkan rumah untuk lepas regulator LPG-nya, sehingga rumah yang ditinggalkan itu tetap aman," jelasnya.

Setelah mengunjungi titik pertama, rombongan melanjutkan pemantauan kesiapan Satgas RAFI 2024 di SPBU 34.433.13 Sukabumi, management walkthrough (MWT) di Fuel Terminal Bandung–Padalarang, dan diakhiri Safari Ramadhan di Fuel Terminal Tasikmalaya.

Dalam kesempatan itu, diserahkan pula bingkisan bagi operator SPBU, petugas satpam, awak mobil tangki, serta pemberian santunan bagi anak yatim.

"Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk memastikan upaya Pertamina Patra Niaga di Regional Jawa Bagian Barat dalam menjamin ketersediaan stok, kelancaran distribusi, serta memastikan layanan yang terbaik bagi masyarakat," sebut Deny Djukardi.

Pertamina Patra Niaga juga telah menyiapkan berbagai program promosi selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 di antaranya MyPertamina Promo Istimewa Ramadan & Idul Fitri, Berbagi Ta’jil, dan Berbagi Berkah Lebaran, yang dapat konsumen ikuti melalui aplikasi MyPertamina selama periode berlaku.

Baca juga: Pertamina pastikan pasokan energi di DKI, Jabar, dan Banten aman
Baca juga: Gunakan alat tidak standar, SPBU di Karawang dikenai sanksi Pertamina

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024