Untuk percepatannya, kini sudah ada lagi investor baru asal Kalimantan Selatan yang ingin bergabung menyelesaikan jalan khusus tersebut.
Jambi (ANTARA) - Gubernur Al Haris menyatakan Pemerintah Provinsi Jambi berjanji terus mengerjakan jalan khusus batu bara sepanjang 340 kilometer yang dibangun sejak Oktober 2022, dan diharapkan tahun ini rampung dikerjakan oleh tiga investor senilai puluhan triliun rupiah.

"Untuk percepatannya, kini sudah ada lagi investor baru asal Kalimantan Selatan yang ingin bergabung untuk menyelesaikan jalan khusus tersebut, dan pengusaha itu menyatakan keseriusannya mengerjakan jalan khusus batu bara di Jambi," kata Al Haris, di Jambi, Selasa.

Investor tersebut adalah pengusaha terkenal asal Kalimantan Selatan dengan nama lengkap H Samsudin Andi Arsyad yang juga sebagai pemilik perusahaan Jhonlin Group.

Sementara itu untuk investor lama seperti PT Sinar Anugerah Sukses (SAS) mengerjakan jalan khusus itu sepanjang 105 km, PT Putra Bulian Propertindo (PBP) sepanjang 140 km, dan PT Inti Tirta hanya 95 km, sedangkan investor baru nantinya hanya menambah percepatan penyelesaian jalan khusus untuk batu bara itu.

Perkembangan terakhir untuk proyek yang dikerjakan PT SAS tetap berjalan pengerjaannya, dan hanya pelabuhannya yang belum selesai.

Sedangkan PT Putra Bulian Propertindo dan PT Inti Tirta juga masih terus mengerjakan masing-masing.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman yang juga ketua percepatan penyelesaian masalah jalan khusus ini mengatakan, saat ini memang ada kendala yang dihadapi khususnya pada ruas jalan khusus yang dibangun oleh PT SAS (Sinar Anugerah Sukses).

Perusahaan tersebut, mendapat rekomendasi dari kementerian, untuk melengkapi beberapa poin dalam penyelesaian pembangunan jalan khusus tersebut.

"Kami sudah ingatkan, bulan Juli jalan khusus itu sudah terlihat progresnya, dan pengoperasian jalan khusus tersebut tidak harus menunggu selesai 100 persen pekerjaan karena ada sebagian yang sudah bisa digunakan dan ada yang belum bisa," kata Sudirman.

Saat ini jalan khusus yang dibangun PT SAS sudah dikerjakan sepanjang 108 kilometer, meliputi jalur dari Pauh Kabupaten Sarolangun hingga ke Mendalo Darat, Muaro Jambi.

Kemudian PT Putra Bulian Propertindo yang mengerjakan rute di wilayah Desa Kilangan Kecamatan Bajubang-Mestong Kabupate Batanghari-Sungai Gelam-Kumpeh Ulu dan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi.

Lalu, PT Inti Tirta yang mengerjakan ruas jalan dimulai Kecamatan Mandiangin-Batin XXIV-Muara Bulian-Maro Sebo Ilir semuanya di Kabupaten Batanghari.
Baca juga: Gubernur Jambi minta supir desak pengusaha batu bara buat jalan khusus
Baca juga: Pemprov Jambi-sopir truk batu bara bahas larangan di jalan nasional

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024