kita harapkan dalam waktu dekat kami sudah mendapatkan keseluruhan data pendaftar
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menambah kuota layanan mudik gratis untuk warga Jakarta yang ingin merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah di kampung halaman masing-masing.
 
"Kami sedang berkoordinasi dengan beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan mereka sudah menyatakan bersedia menambah bus, dan ini yang nantinya kita akan umumkan pada pembukaan pendaftaran sesi kedua," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Jakarta, Selasa.
 
Syafrin menyebut hingga saat ini pihaknya tengah melakukan proses verifikasi pendaftar program mudik gratis gelombang pertama.

Dari hasil verifikasi tersebut diharapkan dapat secepatnya selesai sehingga tambahan kuota gelombang kedua sudah bisa diumumkan minggu depan.
 
"Iya masih tahap verifikasi, kita harapkan dalam waktu dekat kami sudah mendapatkan keseluruhan data pendaftar, kemudian hasil verifikasi, kemudian untuk kita umumkan jika terjadi kekosongan yang tidak memenuhi syarat pada saat mendaftar," ujar Syafrin.
 
Selain menunggu proses verifikasi, kata Syafrin pihaknya juga masih menghitung jumlah kuota dan tambahan bus, Syafrin berharap pendaftaran gelombang kedua bisa diumumkan pekan depan.
 
"Sekarang kan sedang verifikasi, kita harapkan Minggu ini paling lambat selesai, sehingga pada awal minggu depan kita bisa umumkan," ujar Syafrin.
 
Selain itu, di sesi kedua mudik gratis ini Pemprov DKI Jakarta juga bekerja sama dengan sejumlah BUMD lainnya untuk penambahan bus mudik.

Sejauh ini, Syafrin menyebut sudah ada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS (BAZIS)) DKI Jakarta yang memberikan tambahan enam unit bus untuk pendaftar penyandang disabilitas.
 
Adapun persyaratan bagi pendaftar mudik gratis masih sama seperti gelombang satu, yaitu menyertakan kelengkapan administrasi seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, dan STNK jika ingin membawa motor.
 
Adapun jumlah pendaftar program mudik gratis dari kuota 18.760 yang ditetapkan sudah terpenuhi. Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 259 unit bus pengangkut penumpang yang diberangkatkan saat arus mudik dan 210 bus saat arus balik.
 
Lalu Pemprov DKI juga menyediakan 13 unit truk pengangkut kendaraan bermotor pemudik yang akan diberangkatkan saat arus mudik dan 10 unit truk saat arus balik.
 
Daftar 19 kota/kabupaten tujuan bus mudik gratis antara lain:
1. Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung
2.. Terminal Alang-Alang Lebar, Kota Palembang
3. Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya
4. Terminal Kertawangunan, Kab. Kuningan
5. Terminal Kota Tegal
6. Terminal Pekalongan
7. Terminal Mangkang, Kota Semarang
8. Terminal Kab. Kebumen
9. Terminal Cilacap
10. Terminal Bulupitu Purwokerto
11. Terminal Tirtonadi Solo
12. Terminal Mendolo Wonosobo
13. Terminal Giwangan Jogjakarta
14. Terminal Pilangsari Sragen
15. Terminal Giri Adipura Wonogiri
16. Terminal Purboyo Madiun
17. Terminal Tamanan Kediri
18. Terminal Kepuhsari Jombang

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024