Biak (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Biak Numfor menyebutkan potensi kemaritiman di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, dilirik dunia Internasional.

"Pulau Biak dari hasil informasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mempunyai peluang dijadikan tempat bandara antariksa untuk lokasi peluncuran satelit," ujar Kepala Brida Biak Numfor Yohanis Msiren di Biak,Selasa

Ia mengatakan, ke depan Kabupaten Biak Numfor diharapkan menyiapkan peta jalan teknologi unggulan daerah.

Baca juga: Pemkab Biak Papua bentuk Badan Riset Inovasi Daerah

Hal itu, menurut Yohanis, sangat penting bagi Biak, dalam upaya memanfaatkan potensi ruang kemaritiman Biak Numfor untuk menarik minat investor ke daerah.

"Oleh karena itu, Pemkab Biak Numfor perlu menyiapkan peta jalan inovasi teknologi daerah sebagai panduan mewujudkan potensi kemaritiman di kawasan Pasifik," katanya.

Potensi kemaritiman Biak Numfor lainnya adalah sektor perikanan dengan produk unggulan ikan tuna yellowfin.

Baca juga: Potensi ikan tuna segar Biak datangkan devisa negara Rp17 triliun

"Potensi ikan tuna di perairan Biak sangat potensial kurang lebih 1 juta ton per tahun," ujarnya.

Selain itu, juga sektor pariwisata dengan beragam budaya adat suku Biak, peninggalan sejarah eks Perang Dunia II, dan keindahan pantai di berbagai kampung.

"Brida terus mendorong organisasi perangkat daerah teknis meningkatkan kelengkapan sarana prasarana sektor kepariwisataan supaya menjadi daya tarik wisatawan," katanya.

Baca juga: Biak dirikan museum bawah laut sebagai wisata unggulan

Brida sebagai organisasi perangkat daerah yang baru terbentuk pada Desember 2023 bertugas untuk melakukan riset terhadap berbagai potensi sumber daya alam guna dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan orang asli Papua.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024