Jayapura (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Cabang Jayapura mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah melalui wisata kapal asing ke Bumi Cenderawasih.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional IV Cabang Jayapura, I Nengah Suryana Jendra di Jayapura, Selasa, mengatakan dari Januari hingga Maret kapal asing yang masuk baru dua untuk itu diharapkan kepada masyarakat agar terus bersama mempromosikan wisata Papua ke manca negara.

“Hari ini satu kapal asing yang masuk adalah kapal bendera Prancis, dengan muatan kurang lebih 160 turis asing yang datang dengan tujuan wisata Dimana sebelumnya para turis ini berlayar dari Pelabuhan Wewak PNG,” katanya.

Menurut Nengah,  sebelumnya pada awal 2024 ini juga sudah ada tiga kapal asing yang masuk, yaitu kapal satu aspal dan dua kapal pesiar untuk itu pihaknya terus melakukan pembenahan fasilitas sehingga para wisatawan bisa nyaman saat mengunjungi Pelabuhan Jayapura.

“Kami terus melakukan pembenahan fasilitas guna memberikan rasa nyaman kepada para pengunjung dari negara luar,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan adanya kunjungan kapal asing ini maka trafik kapal semakin meningkat tentunya dermaga bakal lebih optimal mulai dari sisi kinerja operasional maupun dari sisi keuangan karena dengan masuknya kapal asing ini dapat menjadi PAD bagi Pelindo dan Pemerintah.

“Kami berharap ke depan semakin banyak lagi kapa asing yang masuk, untuk itu mari sama-sama melakukan ekspos wisata yang ada di Papua sehingga daya tarik wisatawan asing yang datang,”katanya lagi.

Dia menambahkan untuk pembenahan dimulai dengan terminal penumpang, kemudian tempat berlabuh kapal, serta akses jalan yang ada di Pelabuhan Jayapura yang mana sering mengalami kemacetan ketika ada kapal yang bersandar.

Baca juga: Kemenhub-Pelindo kerjasama tingkatkan produktivitas Pelabuhan Jayapura

 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024