Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI Prabwo Subianto membahas kerja sama di bidang pertahanan dengan Duta Besar Ceko untuk Indonesia Jaroslav Doleček di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta Pusat, Senin (25/3).

"Indonesia memandang positif kerja sama pertahanan bilateral dengan Republik Ceko dalam pengadaan alutsista dan kerja sama industri pertahanan,” kata Prabowo seperti dikutip siaran resmi Kemhan yang diterima, Selasa.

Prabowo menilai kerja sama di bidang pertahanan antara Indonesia dengan Ceko sudah berlangsung lama. Kedua belah pihak pun dinilai memiliki rekam jejak hubungan yang baik, terlebih ketika keduanya membuat komite bersama di bidang industri pertahanan antara antara Indonesia dan Ceko.
​​​​
Dalam siaran pers tersebut, komite bersama telah melakukan beberapa pertemuan untuk membicarakan dan menggali potensi kerja sama yang dapat dilakukan kedua negara di bidang industri pertahanan.

Ceko sendiri memiliki keunggulan di bidang teknologi sistem radar dan komunikasi, baik untuk kepentingan sipil maupun militer.

Keunggulan itu, lanjut siaran pers, yang diserap pemerintah untuk memperkuat industri komunikasi dan pertahanan.

Tidak hanya itu, Indonesia juga melakukan pertukaran teknologi pertahanan kepada Ceko sebagai bentuk kerjasama.

Dengan adanya kerja sama ini, Prabowo berharap bidang pertahanan ke dua belah pihak bisa semakin kuat dan hubungan bilateral pun tetap terjaga.
Baca juga: Pinhantanas dan DSIA Ceko teken MoU kerja sama industri pertahanan
Baca juga: Menhan Prabowo bahas upacara kemerdekaan di IKN
Baca juga: Australia pastikan naiknya anggaran pertahanan bukan ancaman buat RI

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024