Istanbul (ANTARA) - China pada Selasa menegaskan kembali bahwa "Resolusi Dewan Keamanan PBB mengikat" Israel - khususnya mengenai situasi di Jalur Gaza dan menolak klaim Amerika Serikat yang menyatakan sebaliknya.

China "menyerukan pihak-pihak terkait untuk memenuhi kewajiban mereka berdasarkan Piagam PBB dan untuk mengambil tindakan sebagaimana diwajibkan oleh resolusi tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian.

Pernyataan itu disampaikan Lin untuk merespons pertanyaan Anadolu tentang komentar utusan utama AS untuk PBB yang mengklaim bahwa resolusi yang disahkan pada Senin "tidak mengikat" pihak-pihak yang terlibat dalam konflik di Gaza, yang telah digempur Israel sejak 7 Oktober.

Lebih dari 32.333 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 74.694 lainnya luka-luka di tengah kehancuran massal dan kelangkaan bahan kebutuhan pokok.

Piagam PBB menetapkan bahwa semua resolusi Dewan Keamanan mengikat secara hukum berdasarkan hukum internasional.

Dewan tersebut mengadopsi resolusi yang menuntut gencatan senjata di Gaza selama Bulan Ramadhan, yang dimulai pada 11 Maret dan akan berakhir pada 9 April.

Sebanyak 14 negara di Dewan yang terdiri dari 15 anggota itu memilih mendukung resolusi yang diajukan oleh 10 anggota. Sementara AS memilih abstain.

Baca juga: China dukung gencatan senjata di Gaza saat Ramadan

Resolusi tersebut menuntut "gencatan senjata segera selama Bulan Ramadhan yang dihormati oleh semua pihak, dan mengarah pada gencatan senjata yang berkelanjutan dan langgeng."

Resolusi itu juga menekankan "pembebasan semua sandera segera dan tanpa syarat, serta memastikan akses kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan medis dan kebutuhan kemanusiaan lainnya."

Setelah resolusi tersebut disahkan, Duta Besar China untuk PBB Zhung Jun mengatakan kepada Dewan Keamanan: "Jika diterapkan secara menyeluruh dan efektif, (resolusi tersebut) masih bisa membawa harapan yang telah lama ditunggu-tunggu. Resolusi Dewan Keamanan mengikat."

Tanpa secara langsung menyebut nama AS dan Israel, Lin mengatakan Beijing "mengharapkan negara yang memiliki pengaruh signifikan untuk memainkan peran positifnya terhadap pihak-pihak terkait, termasuk dengan menggunakan semua cara yang diperlukan dan efektif untuk mendukung implementasi resolusi tersebut."

Dewan "harus terus memantau dengan cermat situasi di Gaza dan bersiap mengambil tindakan lebih lanjut bila diperlukan untuk memastikan implementasi resolusi secara tepat waktu dan menyeluruh," kata Lin.

"China akan terus melakukan upaya tanpa henti bersama dengan semua pihak untuk mengakhiri pertempuran di Gaza lebih awal, meringankan bencana kemanusiaan, dan menerapkan solusi dua negara," ujar Lin.

Sumber: Anadolu

Baca juga: China dan Mesir serukan gencatan senjata berkelanjutan di Gaza

Penerjemah: Katriana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024