Bandarlampung (ANTARA) - Komisi V DPR RI meminta terminal bayangan yang ada di sekitar Terminal Rajabasa Lampung dapat ditertibkan guna mendukung pelayanan selama periode mudik Lebaran 2024.

"Kami meminta kepada instansi terkait untuk melakukan perbaikan pelayanan salah satunya dengan menertibkan terminal bayangan yang ada di luar Terminal Rajabasa," ujar Anggota Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan penertiban terminal bayangan tersebut dilakukan untuk menjaga kenyamanan pemudik pengguna transportasi darat yang melalui Terminal Rajabasa.

"Terminal bayangan yang ada di sekitar Terminal Rajabasa bila dilihat membuat kemacetan, jadi harus ditertibkan mengingat keamanan dan kenyamanan penumpang tidak terlayani dengan baik karena hal tersebut," katanya.

Dia menjelaskan selain itu perlu pula dibuat akses jalan bagi penumpang untuk menyeberang antar gedung terminal agar tetap menjaga keselamatan penumpang saat menuju bus.

"Tadi sempat melihat pelayanan yang ada di Bandara Radin Inten dan di Terminal Rajabasa ini, untuk terminal sudah ada perbaikan dari sebelumnya dan kami berharap masih ada perbaikan lagi," ucap dia.

Menurut dia, perbaikan-perbaikan tersebut dilakukan untuk menjaga kenyamanan masyarakat pengguna transportasi darat.

"Investasi yang sudah diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah salah satunya di Provinsi Lampung seperti Terminal Rajabasa ini harus dioptimalkan, dijaga serta dipergunakan dengan baik untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat tentu ini harus didukung oleh semua pihak," tambahnya.

Ia mengharapkan agar pada periode mudik Lebaran 2024 ini segala pelayanan transportasi di simpul-simpul transportasi dapat berjalan dengan lancar.

"Harapannya pada periode mudik Lebaran 2024 ini pelayanan bagi masyarakat bisa berjalan dengan lancar," ujar dia.

Baca juga: Terminal Rajabasa siap hadapi arus mudik Lebaran

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024