"India dan Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi yang besar. Kerja sama khususnya ekonomi, yang dilakukan pastilah berjalan lancar, lantaran pangsa pasar kedua negara yang cukup besar termasuk di Sumut,"
Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin meminta hubungan kerja sama antara Sumut dan India yang selama ini sudah terjalin dapat terus berlanjut serta ditingkatkan karena kedua pihak mempunyai pangsa pasar yang cukup besar.

"India dan Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi yang besar. Kerja sama khususnya ekonomi, yang dilakukan pastilah berjalan lancar, lantaran pangsa pasar kedua negara yang cukup besar termasuk di Sumut," ujar Hassanudin usai saat menerima kunjungan Konsul Jenderal India di Medan, Shubham Singh, di Kantor Gubernur Sumut, Medan, Rabu.

Selain itu, Hassanudin menyampaikan bahwa Provinsi Sumut tidak asing dengan etnis India karena wilayah yang dipimpinnya memiliki komunitas India yang sudah hidup lama yang berdampingan masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, kata dia, kerja sama di bidang budaya pun memiliki peluang untuk di bangun antara kedua pihak ini.

“Kita ingin kerja sama yang selama ini telah terjalin terus berlanjut, peluang peluang kerja sama yang lain bisa kita ambil untuk dikerjasamakan," kata dia.

Dalam kesempatan itu juga, Hassanudin mengapresiasi Pemerintah India yang telah memfasilitasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sumut mengikuti program pelatihan teknologi informasi di India.

Menurutnya, program tersebut tentunya sangat membantu Pemprov Sumut dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya.

Konjen India di Medan Shubham Singh mengatakan kerja sama antara Pemprov Sumut dan India yang telah terjalin selama ini berjalan dengan baik.

Untuk itu, ia berharap kerja sama yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan antara kedua pihak.

"Saya juga mengharapkan terjalin kerja sama di bidang infrastruktur, perkeretaapian dan lain sebagainya," kata dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024