Berlin (ANTARA News) - Seorang anggota parlemen Jerman dari oposisi pada Kamis bertemu dengan Edward Snowden di Moskow, Rusia, untuk menjajaki kemungkinan dia membantu penyelidikan Jerman mengenai dugaan tindakan pengintaian AS terhadap Kanselir Jerman Angela Merkel.

Dalam pertemuan diam-diam selama tiga jam, Christian Stroebele dari Partai Hijau Jerman dan Snowden berbicara tentang apakah keadaan dapat diciptakan bagi Snowden untuk bersaksi di hadapan jaksa penuntut umum Jerman atau satu komite penyelidikan parlemen, kata Stroebele kepada televisi Jerman ARD.

Stroebele mengatakan Snowden pada dasarnya bersedia membantu Jerman menyelidiki dugaan pengintaian oleh Dinas Keamanan Nasional AS (NSA) tapi kondisinya harus diciptakan.

Namun pengacara Snowden pada Kamis mengumumkan bahwa pembongkar rahasia intelijen itu takkan bersaksi di Jerman karena kondisi hukumnya yang rumit, demikian laporan Xinhua.

Pekan lalu, Merkel menghubungi Presiden AS Barack Obama untuk menuntut penjelasan mengenai dugaan bahwa Washington telah menyadap pembicaraan telepon pemimpin Jerman itu. Berlin telah menyatakan itu akan menjadi pelanggaran serius kepercayaan jika kegiatan mata-mata tersebut benar.

Pemimpin NSA Keith Alexander pada Selasa (29/10) mencap laporan media baru-baru ini mengenai kegiatan mata-mata lembaga yang dipimpinnya atas sekutu Eropa AS sebagai "sama sekali tidak benar".

(C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013